Friday, September 18, 2020
Home Review Tentang Seorang Introvert, Novel ini Segera diproduksi Filmnya

Tentang Seorang Introvert, Novel ini Segera diproduksi Filmnya

Oleh: Irina Dewi

-

Jakarta, OOTB – Banyak buku best seller yang saya beli secara impulsif berujung pada kekecewaan, tapi untungnya buku ini bukan salah satunya. Buku ini bercerita tentang Eleanor Olyphant, seorang perempuan umur 30-an yang selalu canggung di situasi sosial dan sering berbicara tanpa berpikir.

Dari awal buku ini dimulai, kita langsung bisa berkesimpulan bahwa Eleanor bukanlah perempuan yang normal dalam standar umum. Penyakit mental yang diderita Eleanor memang tidak dideskripsikan secara jelas, meskipun saya mengambil asumsi bahwa Eleanor mempunyai sindrom Asperger atau malah sindrom Tourette stadium rendah (saya bukan psikolog jadi mohon maaf kalau analisa sotoy saya salah).

Intinya, Eleanor tidak baik-baik saja, apalagi bila dilihat dari kacamata orang kebanyakan. Anehnya, bukannya sebal, saya justru jatuh sayang pada karakter Eleanor ini. Kenapa? Saya adalah seorang introvert yang sering canggung di banyak situasi ketika beranjak dewasa, tetapi saya ternyata tidak ada apa-apanya dibanding Eleanor.

Bagi saya, karakter Eleanor menjadi sangat relatable, versi ekstrim saya ketika mengalami masalah bersosialisasi jaman ABG dulu. Di buku ini, kita dibawa masuk dalam dunia Eleanor yang selalu salah dimengerti oleh dunia dan perjuangannya menemukan cinta, yang tadinya dianggap mustahil untuk sosok Eleanor yang sangat unik.

Menariknya buku ini adalah karena cukup jarang sebuah buku bisa menggambarkan sesuatu yang getir dan menyedihkan tanpa berusaha untuk memanipulasi perasaan pembacanya, bahkan cerita disajikan melalui pigura humor yang brilian.

Gayle Honeyman adalah seorang penulis Inggris, dan ketika saya mengetahui fakta ini, saya langsung mengucap dalam hati, “Oh. Pantes.” Selera humor penulis Inggris memang berbeda dari penulis Amerika yang kadang terlalu serius membahas isu-isu gelap seperti penyakit mental yang diderita Eleanor.

Gayle mampu membungkus sesuatu yang kelam dengan humor, sehingga kita sebagai pembaca dapat memandang perjalanan hidup Eleanor yang cukup berliku dengan optimis, sambil tertawa bersama Eleanor tanpa menertawakannya.

Irina Dewi
Irina Dewihttps://ootb.id
Virgo, Pecinta buku, Film dan Serial TV, itulah Irina Dewi. Ibu dari dua orang anak ini sebenernya lebih suka dipanggil Irina - tanpa Dewi. Mulai siaran dari tahun 1994 dan pernah menjajal sebagai Radio Program Director menjadikannya teman terbaik Anda di siang hari dalam #FeMaleHighNoon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Ultimate Contributor Februari: Cisca Becker

0
Jakarta - OOTB, Sebagai seorang praktisi media sejak 2004, Cisca dikenal sebagai penyiar, presenter, MC, public speaking trainer dan juga content...