Saturday, September 18, 2021
HomeRecommendationRekomendasi Bakmie di Jakarta Barat, Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Bakmie di Jakarta Barat, Wajib Kamu Coba!

-

Jakarta, OOTB – Halo, nama gua Ken. Gua boleh dibilang masuk angkatan millenial… yang berarti udah ga muda lagi. Gua berprofesi sebagai pedagang onlen. Monggo cek Instagram gua di @ken_aditya, disitu gua taro highlight yang berisi rekomendasi bakmie juga.

Menurut gua, surga nya bakmie ada di Jakarta Utara seperti kelapa gading, muara karang, atau teluk gong. Sayangnya gua belum sempat berpetualang sampai ke pelosok. 

Gua pribadi termasuk tipe orang yang suka mie yang punya tekstur nya di tengah-tengah. Ga terlalu lembek, tapi ga terlalu kenyal juga. Jadi pas dikunyah masih “ngelawan”. 

Kalau soal tipe mie sih kembali ke gaya dan khas dari bakmi tersebut. Baik mie kecil, karet, lebar, halus, keriting, semua tidak ada yang “terbaik”, karena memang harus disesuaikan dengan style dari bumbu dan topping nya. 

Rasa daging menjadi “koentji” dari enak-enggak nya mie. Rasa harus kompleks, dalam artian rasa asin dan manis nya harus nge-blend dengan komposisi yang pas. Ga cuma sekedar asin gurih doang, atau manis manja aja.

Kadang bisa makin seru kalau ada rasa asam. Bisa dari sambal, dari tambahan jeruk, beberapa jenis kecap tertentu, maupun cuka. Beberapa jenis mie memang menyediakan jeruk sebagai condiment.

Sambal juga lumayan menentukan. Beberapa mie ada yang “wajib” pake sambal supaya rasanya ngangkat. Biasanya karena sambal nya punya karakter tersendiri, yang menjadikan mie nya masuk ke universe lain ketika dicampur. 

Kuah memang bukan faktor penentu. Tapi, kuah yang enak memberikan nilai lebih. Tentu saja gua suka dengan kuah yang kaya akan kaldu, yang di permukaannya ada tekstur seperti gelembung gitu. Biasanya warnanya agak keruh, terkadang agak lebih kental. 

Dan terakhir menurut gua, harga menjadi faktor yang cukup penting. Mie yang lumayan enak dengan harga murah akan terasa lebih spesial. Begitu juga sebaliknya, mie yang enak tapi harganya super mahal akan terasa biasa aja. 

Pada hakekatnya, makan bakmi harus on the spot. Namun dengan kondisi pandemi gini, mau ga mau harus makan di mobil atau take away. Menurut gua mie yang di take away adalah sebuah pelanggaran hak asasi bakmi, karena rasanya udah ga karuan akibat di “bekep” selama perjalanan.

Nah, gue kasih tau tips kalau take away bakmi biar tetep enak yaitu, Pisah daging dan sayur.

Kenapa? Karena yang membuat bakmi take away jadi benyek adalah terlalu lama bersinggungan dengan daging dan bumbu daging, juga dengan sayur. Dengan memisahkan ketiga aspek tersebut, tekstur mie akan lebih bertahan sehingga ketika dihidangkan di rumah akan jauh lebih nikmat. Memang tidak senikmat kalau langsung di santap, tapi jauh lebih baik daripada mie dan daging di gabung. 

Selain itu, lebih mudah di plating sehingga bisa dijadikan konten di sosmed.

Agak sulit untuk mendefinisikan bakmi mana yang paling enak, karena setiap bakmi berbeda. Tapi gua bisa coba tulis dengan memisahkan berdasarkan gaya atau khas dari bakmi tersebut. Ini beberapa rekomendasi bakmi di daerah Jakarta Barat, terutama di wilayah kebon jeruk, kembangan, tanjung duren.

Baca juga: Jelajahi Berbagai Menu Sarapan di Berbagai Negara

Kalau ada kesalahan sumber informasi, mohon diralat karena kategori ini gua pisahkan berdasarkan sepengetahuan gua doang. Gua udah coba googling, tapi ga ada artikel yang membahas tentang style bakmie di Indonesia.

1. Bakmi ala Khek

Secara pribadi, gua paling suka Bakmi ala Khek. Ini jenis bakmie yang pake daging babi cincang dengan ayam kampung suir. Sejauh ini, favorit gua adalah Bakmie Nirwana yang berlokasi di Taman Permata Buana, Kembangan. rekomendasi bakmie

Bakmie nya udah enak tanpa harus ditambahkan apa-apa lagi. Daging babi dan ayam yang gurih, dipadu dengan tekstur mie kecil yang padat, menjadikan rasanya begitu sempurna. Kekurangannya menurut gua adalah kuah yang relatif tawar, dan harga yang lumayan mahal.

Untuk kandidat bakmie lain dengan genre ini :

Bakmi Pulau Panjang 

Bakmi Pulau Laki

Bakmi Ling Ling

Bakmi Citra 1 (Kalideres) 

Bakmi Terang Bulan

2. Bakmie dengan ayam pek cam kee

Gua juga jatuh hati dengan Bakmie dengan Ayam Pek Cam Kee. Bakmie ini biasa menggunakan mie karet dengan topping ayam rebus yang dipotong lumayan besar. Favorit gua dan jadi rekomendasi pada segmen ini adalah Bakmie Asui (Tanjung Duren) dan Bakmi Alok

Bakmie asui
Bakmie asui

Nah sekedar info, bakmi Alok memiliki banyak cabang. Tapi yang paling manteb ada di Grogol, karena engko owner nya memang jaga di situ. Somehow, rasanya jauh lebih sempurna daripada cabang-cabang lain yang pernah gua coba.

Menurut gua kedua bakmi diatas harus tambah sambal, karena sambal nya memiliki karakter sendiri. Selain menambah pedas, ada tambahan rasa asam juga sehingga rasanya semakin kompleks.

Kuah dari kedua bakmie diatas menurut gua adalah definisi kuah yang sempurna dengan kaldu ayam yang kental. Rasanya ingin terus menyeruput meski sudah kembung air.

Sayangnya bakmie jenis ini memang relatif lebih mahal. Kandidat Bakmie Pek Cam Kee yang ga kalah enak : 

Bakmi Acang

Bakmi Acing

By the way, kalau nama dan style nya terlihat mirip, memang keempat bakmi ini memiliki hubungan keluarga.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat bakmie di Jakarta Barat yang gua bagi sesuai dengan style bakmienya. Masih ada rekomendasi lainnya dan tentunya dengan style bakmie yang berbeda. Tunggu next week yaa!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah...

0
Jakarta, OOTB - Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan...