Saturday, September 18, 2021
HomeRecommendationRekomendasi Bakmie di Jakarta Barat, Wajib Kamu Coba! (Part 2)

Rekomendasi Bakmie di Jakarta Barat, Wajib Kamu Coba! (Part 2)

-

Jakarta, OOTB – Kenalin gue Ken, salah satu orang yang suka banget muter-muter Jakarta Barat buat nyari bakmie yang enak. Sebelumnya gue kasih rekomendasi bakmi dengan style bakmie ala Khek dan juga bakmie dengan ayam pek cam kee, biar gak ketinggalan bisa baca part 1 nya ya! Kali ini gua bakal rekomendasiin lagi beberapa lokasi bakmie masih di Jakarta Barat tapi dengan style bakmie yang berbeda, check this out!

1. Bakmi khas Bangka. 

Ciri khas bakmi ini adalah menggunakan ayam atau babi cincang. Ada yang menggunakan kecap bangka sehingga mie nya agak cokelat, ada juga yang tidak pakai jadi warna mie nya kuning seperti biasa. Pada umumnya, mie bangka menggunakan tipe mie kecil bulat. 

Jagoan gua untuk bakmie khas bangka adalah Bakmie Akin yang berada di Tanjung Duren. Mie nya buatan sendiri, jadi amat lembut. Dagingnya pun lebih gurih dari bakmie sejenis lainnya.

bakmie akin
Bakmie Akin

Kekurangannya adalah, terkadang rasa daging nya kelewat gurih. Namun bisa sedikit dinetralkan dengan menambahkan kuah.

Ada juga Bakmie Anen di permata buana. Selain harganya yang bersahabat, rasa daging ayamnya pun bikin ketagihan. Harus minta kuah daging biar semakin mantab. Favorite gua sih dengan mie lebar. Sayangnya terkadang rasa kurang konsisten. Harap maklum, Ko Anen nya berjualan sendiri tanpa dibantu karyawan. Jadi kalau lagi ramai, suka overload.

Sejatinya, ada 1 lagi bakmi bangka di permata buana yang juga merupakn favorit warga setempat, namanya Bakmi Yung Lie 48. Soal mana yang lebih enak, kembali ke selera masing-masing. Kebetulan gua pribadi lebih cocok ke Bakmie Anen.

Kandidat bakmie khas bangka lainnya yang wajib dicoba : 

Bakmie Shinta 88

rekomendasi bakmie
Bakmie Shinta

Bakmie Bangka Asli 81

2. Bakmi khas Indonesia

Mari kita tidak melupakan dimana kita berpijak, yaitu tanah air Indonesia karena kita pun memiliki Bakmi khas Indonesia. Bakmi ini biasa didominasi rasa manis dengan topping ayam suir, maupun ayam cincang dengan bumbu kecap. Bisa dipastikan halal.

Sebenernya sih paling banyak ditemukan adalah khas Wonogiri. Namun ada beberapa mie yang sepertinya bukan dari Wonogiri, tapi kita faham kalau itu adalah karya kearifan lokal.

Pilihan utama gua untuk bakmi khas Indonesia adalah Bakmie Darimin (Min) yang berlokasi di Duri Kepa. Keunikan dari Bakmi Min adalah rasa nya ga hanya dominan manis, tapi rasa asin nya pun nge-blend. Karena itu, beberapa temen gua bahkan mengganggap Mie Min seperti mie lokal rasa Tionghoa, karena memang agak berbeda. 

rekomendasi bakmie
Bakmie Darimin

Tekstur mie nya pun gua sangat suka, bulat kecil dan padat. Begitu juga dengan mie lebarnya. Makanya gua sering galau kalau pesan, mau mie kecil atau besar ya? Karena dua-duanya sama-sama mantab.

Disitu juga menjual kulit pangsit. Nah sambil nunggu mie nya dimasak, coba santap kulit pangsit di cocol saos dua belibis, dijamin ga berhenti. Mungkin yang gua sayangkan dari Mie Min adalah rasa kuahnya yang hambar.

Oh ya, kalau mau kesini sebaiknya naik motor aja karena gang nya sempit dan sulit untuk parkir mobil.

Untuk Mie khas tanah air lainnya, bisa jajal :

Bakmi Pak Tris

Mie Ayam Doyok

rekomendasi bakmie
Bakmie Doyok

Mie Ayam Gerobak Biru

3. Bakmie Siantar

Bakmie siantar
Bakmie Siantar Lina

Ada juga Mie khas Siantar yang biasa menggunakan mie keriting, babi merah atau char siu, telur pindang, seringkali dilengkapi dengan ayam dan babi cincang. 

Secara pribadi, gua bukan penggemar bakmi siantar. 

Entah karena selera, atau ya karena kebetulan di daerah gua agak susah nyari mie siantar medan yang manteb. Tapi berdasarkan info yang gua terima, sepertinya banyak bakmie siantar legendaris di sekitar kawasan Teluk Gong. Sayangnya gua belum sempat untuk explore daerah situ. 

Selain bakmi-bakmi diatas, masih banyak lagi bakmi yang gua ga tau khas mana tapi enak. Seperti misalnya :

– Bakmi Halleluya di Citra Kalideres

– Bakmi Ono, dan Bakmi Ko Hon Toboali di Green Ville

– Bakmi Intan di Taman Ratu

Dapat Anda klik list yang sudah gua rangkum dengan google maps untuk lebih jelasnya, List bakmie

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tambahan bakmie yang punya taste ciamik di lidah gua. Semoga panduan rekomendasi gua bisa ngebantu kalian menemukan bakmie yang ideal menurut kalian. Saat ini belum terlalu banyak, tapi akan gua update terus seiring dengan ditemukannya bakmi yang menurut gua enak. Kalo kalian punya rekomendasi bakmie lainnya boleh banget tag gua di Instagram @ken_aditya ya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah...

0
Jakarta, OOTB - Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan...