Friday, July 1, 2022
HomeNewsSiap Untuk Mudik? Simak Syarat dan Aturan Mudik Terbaru 2022

Siap Untuk Mudik? Simak Syarat dan Aturan Mudik Terbaru 2022

-

Jakarta, OOTB – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik selama bulan Ramadhan hingga hari raya. Meskipun begitu, tentunya tetap ada beberapa syarat dan aturan yang harus ditaati. Apa saja? Simak syarat dan aturan mudik terbaru 2022 dibawah ini!

Aturan dan syarat perjalanan mudik yang telah ditetapkan oleh pemerintah ini mulai berlaku pada 2 April 2022. Sejumlah peraturan dan syarat mudik ini diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19).

Syarat Mudik Lebaran Tahun 2022

  1. Bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin booster maka diperbolehkan melakukan perjalanan mudik tanpa harus menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif Covid-19 atau rapid test antigen.
  2. Bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan belum menerima vaksin booster, maka diwajibkan untuk melampirkan hasil tes RT-PCR negatif  Covid-19 yang diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum melakukan perjalanan atau melampirkan hasil rapid test antigen yang diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum melakukan perjalanan.
  3. Bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama dan belum menerima dosis kedua, maka diwajibkan untuk  hasil tes PCR negatif  Covid-19 yang diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum melakukan perjalanan.
  4. Bagi masyarakat yang memiliki penyakit khusus atau komorbid sehingga tidak dapat menerima vaksin, maka wajib untuk menunjukkan hasil  tes PCR negatif  Covid-19 yang diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum melakukan perjalanan dan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa kamu tidak dapat menerima vaksinasi Covid-19.
  5. Bagi anak dengan usia dibawah 6 tahun tidak wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR maupun rapid test antigen. Namun wajib untuk didampingi oleh orang yang telah memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan mudik. 

Aturan Mudik Lebaran Tahun 2022

  1. Masyarakat wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu ketika melakukan perjalanan.
  2. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.
  3. Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.
  4. Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan.
  5. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara.
  6. Tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Baca juga: Mudik Ke Daerah Jawa? Ini Tarif Tol Trans Jawa Terbaru April 2022

Meskipun mudik lebaran memang momen yang banyak ditunggu karena dapat berkumpul dengan orang-orang tersayang di kampung halaman, tapi Ultimate People gak boleh lupa dan lalai dalam menjalankan protokol kesehatan ya! Stay safe dan semangat bermudik-mudik ria!

Administrator
Administratorhttps://ootb.id
We provide great content!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

10 Ide Menghias Telur Paskah

0
Jakarta, OOTB - Perayaan Paskah memang selalu identic dengan telur yang dihias dengan cantik. Untuk membuat perayaan Paskah kamu semakin meriah dan menarik, kamu...