Tuesday, August 11, 2020
Home News Mobil Terendam Banjir, Jangan Nyalakan Mesin Sebelum Lakukan Hal Ini

Mobil Terendam Banjir, Jangan Nyalakan Mesin Sebelum Lakukan Hal Ini

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Pasti sedih rasanya melihat kendaraan kesayangan terendam akibat banjir. Jangan panik! Segera lakukan servis dan bersihkan kabin agar lumpur dan sisa-sisa sampah banjir hilang dari mobil kamu.

Untuk kabin, kamu bisa menggunakan jasa salon mobil langganan yang dipanggil ke rumah. Karpet dan jok mobil adalah yang terpenting di kabin. Jangan nyalakan mesin dulu! Hal ini bisa memicu munculnya kerusakan lain seperti korsleting, oli tercampur air atau bahkan air yang mencemari bahan bakar bisa membuat mesin macet. Yang harus dilakukan pertama kali adalah cek sistem pengapian dan sistem komputerisasi atau ECU mobil.

Untuk mobil keluaran tahun lama yang biasanya menggunakan sistem distribusi atau delco, segera cek komponen ini. Fungsi normalnya untuk menyalurkan percikan api dari koil menuju busi. Sedangkan koil dan busi berperan untuk menghasilkan percikan api di ruang bakar. Saat pengapian terganggu, maka mesin tidak akan mogok. Keringkan dengan dilap menggunakan tisu atau semprot angin menggunakan kompresor.

Kalau mobil keluaran tahun muda, biasanya sudah menggunakan ECU yang fungsinya mengontrol kerja mesin melalui berbagai sensornya. Komponen ini ibarat jantung pada manusia. Kalau ECU sudah rusak, mustahil mobil bisa dihidupkan. ECU bisa terletak di kabin atau di ruang mesin.

ECU yang terletak di ruang mesin biasanya lebih rentan. Jangan nekat hidupkan mesin, karena komponen internal ECU bisa terbakar akibat hubungan pendek. Jika ECU sudah basah lebih baik Anda langsung memanggil mobil derek. Di bengkel, ECU akan di scanning kerusakannya.

Kalau perlu diganti, harga komponen ini sekitar 5 juta-an. Tapi untuk mobil keluaran Eropa, bisa lebih mahal lagi. Semoga setelah semuanya benar, mobil kesayangan kamu bisa kembali berjalan menemani harimu.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Bingung Liburan Akhir Tahun Mau Kemana? Roadtrip aja yuk!

0
Jakarta, OOTB - Sudah dipenghujung tahun kan ya, udah terima bonusan juga. Kurang apalagi coba? Saatnya jalan-jalan bareng keluarga. Tapi bosen...