Monday, June 1, 2020
Home News Ke Bandung Sekarang Kembali hanya Dua Jam

Ke Bandung Sekarang Kembali hanya Dua Jam

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Masih ingat waktu tol Cikampek baru diteruskan hingga Sadang dan Padalarang tahun 2005? Warga Jakarta dan sekitarnya yang mau ke Bandung atau sebaliknya, yang seharusnya harus lewat jalur puncak dengan waktu 3,5 jam, saat itu bisa langsung ke Kota Kembang hanya dalam waktu 2 jam saja.

Bagi warga ibukota, dua jam di jalan sepertinya tidak terlalu aneh mengingat kemacetan yang terjadi biasanya kurang lebih sama lamanya.

Tapi sejak dibangun tol layang di jalur cikampek, jalur dari cikunir menuju cikarang begitu menyiksa dengan macetnya yang luar biasa bahkan menuju Bandung bisa memakan waktu lebih dari 4 jam.

Kini dengan hadirnya Tol layang Jakarta – Cikampek (Japek II), kemacetan itu sudah hampir tidak terjadi lag dan ke Bandung dari Jakarta kembali hanya butuh waktu 2 jam saja selama lalu lintas berlangsung normal.

Proyek ini adalah tol layang pertama yang dibangun di atas jalan tol. Ituah kenapa disebut sebagai jalan tol bertingkat atau double decker motorway pertama di Indonesia. Tol layang dengan panjang 39 kilometer ini merupakan tol layang terpanjang di Indonesia.

Tol yang membentang dari km 10 hingga km 48 ini mampu mengurai kendaraan dari arah Halim menuju CIkampek atau pengguna tol JORR 1 bisa naik dari arah Jatiasih, tapatnya di Km 45 JORR.

Untuk sebaliknya, ke arah Jakarta tol layang ini bisa diakses dari Karawang Barat di Km 48 Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/ Cawang, atau keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8.

Bagi yang mau menikmati jalan darat, tol dari Japek II ini bisa digunakan untuk langsung menuju Cirebon, Bandung, Semarang atau Surabaya.

Yang membanggakan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini dibangun menggunakan Teknologi Sosrobahu yang merupakan hasil karya anak bangsa bernama Tjokorda Raka Sukawati.

Inilah teknik yang digunakan untuk membangun tol layang Jakarta – Cikampek (Japek) II. Setelah teknologi ini digunakan untuk membangun beberapa kota di Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura, Filipina dan lain lain, kini Sosrobahu pulang ke kampung halamannya.

Teknologi ini pertama kali digunakan saat membangun tol dalam kota Jakarta di jalan Ahmad Yani by pass yang diresmikan Presiden Soeharto tahun 1989 lalu. Inilah teknik yang digunakan untuk membangun tol layang Jakarta – Cikampek (Japek) II. Setelah teknologi ini digunakan untuk membangun beberapa kota di Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura, Filipina dan lain lain, kini Sosrobahu pulang ke kampung halamannya.

Diresmikan Presiden Jokowi 12 Desember 2019, semoga tol JAPEK II ini semakin memudahkan mobilitas sekaligus meningkatkan kehidupan sosial ekonomi warganya.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

My Best Bond Girls

0
Salah satu hal mengecewakan yang saya rasakan akibat pandemi Covid 19 adalah batal tayangnya film Bond terbaru, No Time To Die. Film Bond ke...

Kamis Quotes