Monday, June 1, 2020
Home News 5 Ultimate Women in Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM)

5 Ultimate Women in Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM)

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Perkembangan wanita Indonesia di sektor Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika saat ini patut diapresiasi, meskipun jumlahnya masih sangat sedikit. Indonesia punya potensi besar untuk meningkatkan PDB-nya menjadi US$ 135 miliar pada tahun 2025 jika lebih banyak wanita yang mengambil peran di sektor-sektor produktif.

Namun demikian, hadirnya transisi di era otomatiasi membuat 40 – 160 juta wanita di seluruh dunia diprediksi harus beralih ke pekerjaan baru di tahun 2030 (McKiinsey, 2019). International Labor Organization (ILO) juga melaporkan bahwa 56% karyawan di berbagai pusat hub manufaktur di ASEAN, seperti Kamboja, Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam mungkin akan kehilangan pekerjaan karena disruspi otomatisasi.

Dengan demikian diperlukan banyak upaya untuk menarik dan mempertahankan wanita Indonesia untuk berkarir di bidang STEM yang mampu meningkatkan produktivitas serta potensi digital maupun teknologi baru untuk membawa perubahan di indsutri.

Dalam upaya mendukung pemerintah dalam program pengembangan sumber daya manusia, GE Indonesia memberikan apresiasi kepada lima wanita Indonesia berprestasi dan menginspitasi di bidang STEM. Mereka adalah:

1. Prof. dr. Pratiwi Pujilestari, Ph.D., SpMK(K), Ahli Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
2. Dr. Premana Wardayanti Premadi Ph.D., Ahli Astrofisika dan Kepala Observatorium Bosscha.
3. Prof. Dr. Eng Eniya Listiani Dewi, B.Eng., M.Eng., Profesor Bidang zteknologi Proses Elektro Kimia di Bdan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
4. Silvia Halim, Direktur Konstruksi, PT. MRT Jakarta.
5. Crystal Widjaja, Data Scientist, Gojek.

Semoga acara yang diinisasi oleh GE Indonesia ini akan mendorong wanota Indoensia untuk mengambil STEM (Science, Technolgy, Engineering & Mathematics) sebagai bidang studi pilhan dan karirnya, sehingga mampu berkontribusi nyata demi kemajuan sektor teknologi dan teknik di Indonesia.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

My Best Bond Girls

0
Salah satu hal mengecewakan yang saya rasakan akibat pandemi Covid 19 adalah batal tayangnya film Bond terbaru, No Time To Die. Film Bond ke...

Kamis Quotes