Monday, November 29, 2021
HomeLifestyleKamu Takut Dengar Notifikasi? Yuk Mengenal Notification Anxiety

Kamu Takut Dengar Notifikasi? Yuk Mengenal Notification Anxiety

-

Jakarta, OOTB – Pandemi mengakibatkan kita terpaksa untuk melakukan banyak kegiatan secara daring. Hal ini tentunya membuat kita semakin melekat dengan gadget yang kita miliki. Mulai dari urusan sekolah, hingga kerjaan, semuanya mengumpul jadi satu di smartphone kamu. Karenanya, banyak orang yang merasa takut ketika mendengar bunyi notifikasi dari smartphone mereka. Nah, ini bisa disebut dengan Notification Anxiety.

Notification Anxiety adalah keadaan dimana seseorang merasa takut, cemas, ketika mendengar ataupun membaca notifikasi dari ponsel. Dulu, menggunakan ponsel bisa menjadi salah satu media hiburan untuk melepaskan penat di kala sibuknya beraktivitas. Tapi, karena sekarang semua serba online, ponsel tak hanya digunakan sebagai media hiburan melainkan sebagai sumber segala tempat untuk menyampaikan pesan dan tugas.

Baca juga: Stop Jadi People Pleaser!

Hal inilah yang membuat kita menjadi cemas bahkan dapat menimbulkan rasa takut ketika membuka ponsel. Ponsel bukan lagi tempat untuk mencari kebahagiaan tetapi menjadi tempat menumpuknya tugas sehingga menimbulkan rasa lelah dan muak.

Seseorang yang mengalami notification anxiety ini secara psikologis dapat mengisyaratkan notifikasi yang masuk sebagai sebuah ancaman. Tentunya, manusia memiliki respon flight of fight dimana tubuh dan pikiran secara langsung akan melawan ancaman tersebut dengan cara tidak membuka notifikasi tersebut sama sekali.

Baca juga: 5 Cara Putuskan Rantai Generasi Sandwich

Untuk mengurangi bahkan melepaskan diri dari kecemasan ini, kamu dapat mulai dengan mengatur waktu dalam menggunakan ponsel. Dengan melakukan ini, kamu dapat menjaga emosimu secara perlahan-lahan sehingga kamu dapat merasa lebih tenang ketika mendengar ataupun melihat notifikasi yang masuk ke ponsel kamu.

Namun, kamu tetap tidak boleh melakukan self-diagnose. Apabila kamu merasakan hal seperti ini bahkan jauh lebih parah, kamu wajib untuk melakukan konsultasi dengan pihak profesional.

Ultimate people, kamu termasuk orang yang ngerasa hal seperti ini juga gak sih?

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...