Wednesday, June 3, 2020
Home Lifestyle Yang Perlu Diketahui Mengenai Kualitas Air

Yang Perlu Diketahui Mengenai Kualitas Air

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Buat mereka yang tinggal di kota besar, air bukanlah sesuatu yang sulit untuk ditemukan. Banyak masyarakat yang sudah mamanfaatkan PDAM atau air tanah dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih. Yang berlangganan PDAM, mereka tidak perlu khawatir akan kualitas airnya. Namun yang memanfaatkan air tanah, sebaiknya diperhatikan bahwa air tanah dalam lebih baik kualitasnya dibanding air tanah dangkal.

Data Bappenas tahun 2017 menunjukkan indeks kualitas air terendah berada di wilayah provinsi DKI Jakarta sebesar 35% sementara yang tertinggi ada di provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 70%. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas air yang kita konsumsi, antara lain:

Kurangi penggunaan produk berbahan kimia

Salah satu yang menghasilkan bahan kimia dan terbukti mengurangi kualitas air adalah detergen dan sabun. Saat membuang limbah cucian yang berlebihan, sebagian airnya akan kembali masuk ke tanah. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan ikut tertampung di lapisan kedap air dan mencemari air tanah dangkal.

Gunakanlah air secara bijaksana

Manusia dan makhluk hidup membutuhkan air untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Penggunaan secara bijak yang sesuai kebutuhan akan membuat ketersediaan air bisa berlangsung di generasi selanjutnya.

Menjaga kebersihan sungai atau saluran air lainnya

Saat ini masih banyak orang yang buang sampah sembarangan dimana limbahnya akan terbawa ke tempat aliran air, kemudian menuju sungai atau mengendap di tanah. Anggapan bahwa buang sampah ke aliran air itu lebih praktis dan terbawa oleh arus adalah keliru. Hal itu akan membuat kualitas air yang terserap tanah menurun dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kesadaran untuk mejaga kualitas air akan mendukung agar kita bisa memiliki hidup sehat dan berkualitas. Ayo, jaga air kita!

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Hey ARMY, Nikmati Keindahan Natal dan Tahun Baru bersama BT21

0
Jakarta, OOTB – Saat penghujung tahun, biasanya dihabiskan dengan menikmati kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat. Kali ini, buat fans BTS...
no time to die

My Best Bond Girls