Saturday, September 18, 2021
HomeLifestyleTrend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah Coba?

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah Coba?

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk ganti haluan membangun industri kuliner rumahan.

Hanya menggunakan smartphone, pelanggan kuliner saat ini tidak hanya bisa memesan makanan favorit dan menikmatinya tanpa harus pergi ke restoran langganan. Peluang ini menarik bagi siapapun yang memiliki minat dan bakat di dunia kuliner.

Para pengusaha kuliner berlomba untuk menyuguhkan jualannya seunik mungkin untuk menarik pelanggan. Tidak hanya rasa, penjual saat ini memikirkan kemasan yang simple, unik dan bisa menjaga kualitas rasa dari makanan jualannya meski harus diantar.

Beberapa tahun yang lalu, kita sering melihat penjual makanan menggunakan styrofoam untuk kemasan pesan antar. Tapi sekarang, trend nya sudah berubah. Penjual makanan banyak menggunakan boks yang terbuat dari kertas dimana bentuknya kekinian dan menarik.

Ditambah hadirnya sosial media dan trend FOMO, pelanggan seolah selalu ingin mem-posting makanan pesanannya di akun mereka. Varian menunya –pun sangat beragam. Dari nasi goreng, fish salted egg, ayam geprek sambel matah, taichan, beef shank sampai mie yamin sekalipun. Biasanya penjual menyebutnya dengan rice box.

Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sebenarnya pernah melarang penggunaan styrofoam karena mengandung benzena, yang merupakan satu dari komponen toksin pemicu kanker selain toluena, etilbenzena, dan xilena. Bahkan di beberapa Negara seperti Jepang, Taiwan, AS dan masih banyak lagi.

Meski sejak 2009 BPOM telah menyatakan bahwa styrofoam tidak berbahaya, tetap saja banyak alasan mengapa banyak penjual beralih dengan menggunakan kemasan kertas.

Diantara alasannya adalah lebih ramah lingkungan, lebih menarik dan lebih aman untuk diantar ke pelanggan. Lagipula, konsumen selalu ingin sesuatu yang baru dalam kemasan kekinian. Bagi pengusaha kuliner yang ingin menyuguhkan menu dalam kemasan yang menarik, sehat dan ramah lingkungan, rice box bisa menjadi salah satu solusinya.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah...

0
Jakarta, OOTB - Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan...