Monday, November 29, 2021
HomeLifestyleSering Hajar Polisi Tidur? Siap-siap Tanggung Akibatnya Ya

Sering Hajar Polisi Tidur? Siap-siap Tanggung Akibatnya Ya

-

Jakarta, OOTB – Perhatian-perhatian, buat kalian yang sering hajar polisi tidur, mending kurang-kurangin deh dari sekarang kalau engga mau kendaraannya jadi cepat rusak di bagian kaki-kaki. Ini berlaku buat mobil ataupun motor ya. Kerusakan yang terjadi jika sering hajar polisi tidur ataupun jalan rusak – buat mobil atau motor itu sama dampaknya. Bagian yang bakal terdampak langsung ada di kaki-kaki seperti shock absorber.

shock bocor

Kalau buat mobil, selain shockbreaker cukup banyak bagian lain yang berhubungan ikut terdampak juga, seperti ball joint, link stabilizer, bushing lower arm bahkan sampai ke bagian tie rod end atau long tie rod. Tanda-tanda shockbreaker sudah lemah ditandai denngan rembesan oli di sekitarnya.

shock depan bocor

Nah kalau di motor, jika shocknya sudah lemah maka akan terlihat rembesan oli di sekitaran shock. Solusinya masih bisa diakali dengan bongkar shocknya yang ada rembesan oli lalu di amplas halus bagian poros shocknya, tetapi jika poros shock sudah ada lecet ataupun penyok, maka harus ganti satu set shocknya karena sudah tidak bisa digunakan lagi.

Balik lagi ke mobil, untuk bushing arm yang melemah ditandai dengan bunyi berdecit di kaki-kaki. Hal ini terjadi karena bushing arm berfungsi menghubungkann arm dengan sasis menggunakan karet agar bagian logam tidak bersinggungan. Nah kalau bagian ini sudah rusak, maka saat mobil melewati jalan rusak ataupun polisi tidur akan ada bunyi berdecit, dan jika didiamkan selama berhari-hari ini, engga di service setelah ada bunyi tersebut, mobil di pakai aja tiap hari, kantor-rumah, wah udah nanti bakal terdampak ke setir, bisa lari-larian atau tidak presisi lagi. Bahaya sob, mulai sekarang jangan main hajar polisi tidur ya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...