Monday, November 29, 2021
HomeLifestyleWajah Kamu Cepat Tua? Yuk Cari Tau Penyebab Penuaan Dini!

Wajah Kamu Cepat Tua? Yuk Cari Tau Penyebab Penuaan Dini!

-

Jakarta, OOTB – Seiring dengan bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin yang ada dalam kulit kita ikut melemah. Ditambah dengan gaya hidup yang tidak baik, hal ini dapat membuat kamu terkena penuaan dini. 

Tanda-tanda penuaan dini antara lain, kulit menjadi tipis, kering, berkeriput, munculnya sunspot berupa bintik-bintik di kulit, garis-garis halus, pipi tampak turun, pori-pori wajah membesar, dan lainnya. 

Tanda-tanda tersebut gak hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut tapi juga bisa dirasakan oleh orang-orang yang masih berumur muda. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Faktor intrinsik:

1. Genetik

Faktor genetik adalah salah satu penyebab yang tidak bisa  kamu hindari karena berasal dari gen dalam tubuh kamu itu sendiri. Tetapi, kamu yang terlahir dengan diwariskan gen ini bukan berarti kamu tidak bisa menghindari penuaan dini. Mengatur gaya hidup yang sehat dapat membantu kamu mencegah penuaan dini.

2. Sindrom 

Terdapat dua sindrom yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome yang merupakan sindrom penuaan dini yang tidak normal dan terjadi pada anak-anak dan Werner Syndrome yang merupakan sindrom penuaan dini sejak masa pubertas. 

Baca juga: Nostalgia, Ponsel Nokia 6310 Dirilis Kembali

Faktor Ekstrinsik: 

1. Kondisi lingkungan 

Kondisi lingkungan juga menjadi faktor yang penting. Seperti paparan sinar UV yang kuat, lingkungan pendidikan serta pekerjaan. Untuk menghindari paparan sinar UV yang kuat, pastikan selalu untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

2. Gaya hidup

Gaya hidup tentunya sangat mempengaruhi proses penuaan dini. Gaya hidup yang tidak sehat ditambah dengan kebiasaan-kebiasaan yang buruk dapat mempercepat proses penuaan dini. Menjaga gaya hidup seperti pola makan, istirahat yang cukup, dan kondisi mental dapat membantu kamu mencegah terjadinya penuaan dini. 

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...