Friday, May 29, 2020
Home Lifestyle Obesitas dan Akar Masalahnya

Obesitas dan Akar Masalahnya

Oleh: Admin

-

Jakarta, OOTB – Hari Obesitas Sedunia diperingati sebagai upaya agar penduduk dunia peduli akan hidup yang sehat, tanpa berlebihan berat badan. Menurut WHO, obesitas adalah suatu kondisi yang menggambarkan seseorang memiliki badan yang sangat gemuk dan mengandung banyak lemak pada tubuhnya. Penyebabnya bisa karena genetik, gaya hidup, psikologis, kebiasaan dalam lingkungan, tidak aktif, diet yang salah, masalah medis, konsumsi obat-obatan, masalah sosial ekonomi, usia, kehamilan, serta kurang tidur.

Sejak 1975 angka obesitas di negara maju dan berkembang meningkat jumlahnya tiga kali lipat dengan jumlah terbanyak pada anak-anak dan remaja. Mereka yang obesitas beresiko besar terkena berbagai penyakit yang diam-diam berbahaya atau dikenal dengan noncommunicable disease (NCDs) seperti diabetes, gangguan jantung, hipertensi, stroke dan kanker.

Kebanyakan orang yang obesitas malu dalam hidupnya dan bahkan merasa bersalah karena tekanan diri dan lingkungannya. Kondisi ini harus diubah. Banyak yang bisa kita lakukan bersama untuk mengubahnya. Di Hari Obesitas Sedunia tahun ini, mari kita dukung kebiasaan hidup dan makan sehat bagi anak dan remaja. Bukan saatnya lagi anak-anak adalah target sasaran makanan dengan kadar lemak, gula dan garam yang tinggi. Selain itu harus diperbanyak sarana dan bentuk kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik, seperti rekreasi, bersepeda, jalan di taman dan lain lain.

Dengan membiasakan hidup sehat sejak anak-anak, maka kita bisa mencegah obesitas dengan segala resikonya.

edit

Avatar
adminhttps://ootb.id
We provide great content!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

My Best Bond Girls

0
Salah satu hal mengecewakan yang saya rasakan akibat pandemi Covid 19 adalah batal tayangnya film Bond terbaru, No Time To Die. Film Bond ke...

Kamis Quotes