Monday, August 8, 2022
HomeLifestyleNostalgia Permainan Jaman Dulu

Nostalgia Permainan Jaman Dulu

-

Salatiga, OOTB – Perkembangan teknologi dan globalisasi kini jadi penyebab permainan dan kegiatan jaman dulu yang mungkin sering kita temui saat kecil hampir tidak pernah kita lihat. Mungkin sudah jarang anak kecil yang memainkan permainan tradisional, padahal permainan jaman dulu juga tidak kalah seru dengan permainan jaman sekarang lho. Kini saatnya kita nostalgia dengan permainan jaman dulu yang tidak kalah asik dengan permainan jaman sekarang.

Buat kamu yang rindu dengan permainan jaman dulu atau permainan masa kecil, yuk kita mengingat kembali permainan-permainan tradisional yang asik banget untuk dimainkan bersama dengan teman-teman di masa kecil.

1. Petak Umpet

Nostalgia dengan permainan yang pertama, yaitu petak umpet. Permainan ini tidak memiliki batas maksimal orang untuk bermain, jadi cocok untuk bermain ramai-ramai bersama teman. Petak umpet adalah salah satu permainan jaman dulu yang masih asik dimainkan bersama teman-teman.

Cara bermainnya juga sangat mudah, satu orang sebagai penjaga yang bertugas untuk mencari teman-teman lain yang bersembunyi. Ternyata, permainan petak umpet ini berguna untuk mengasah kelincahan, kecepatan, dan ketelitian untuk mengatur strategi lho.

Permainan Petak Umpet
Sumber : greatnesia.id

2. Bola Bekel

Permainan yang satu ini mungkin lebih sering dimainkan oleh anak-anak perempuan, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau laki-laki juga bisa memainkan bola bekel. Permainan yang satu ini cukup sulit dan memerlukan ketangkasan serta kecepatan.

Cara bermainnya adalah dengan memantulkan bola bekel sambil mengambil biji bekel satu persatu. Dalam permainan bola bekel juga ada levelnya sesuai dengan tingkat kesulitannya. Wah, permainan yang cukup menantang ya..

Permainan Jaman Dulu
Sumber : flickr.com

Baca juga : Pecinta Indomie Ayo Merapat, Ini Rasa Indomie Yang Pertama Kali Diproduksi

3. Kelereng

Jika sebelumnya permainan bola bekel lebih sering dimainkan oleh perempuan, permainan jaman dulu yang satu ini lebih sering dimainkan oleh laki-laki. Permainan ini cukup populer lhoo. Biasanya, anak-anak jaman dulu sering mengoleksi kelereng aneka warna yang nantinya digunakan untuk bermain bersama teman-teman.

Cara bermainnya adalah dengan mengumpulkan kelereng di tengah lingkaran kemudian menembakkan satu kelereng untuk mengeluarkan kelereng yang ada di dalam lingkaran, kemudian kelereng yang keluar bisa menjadi milik si penembak. Semakin ramai maka permainan juga akan semakin seru.

Permainan Kelereng Jaman Dulu
Sumber : inibaru.id

4. Tamagotchi

Kata siapa anak jaman dulu nggak punya gadget? Nostalgia dengan permainan yang satu ini, permainan tamagotchi adalah salah satu permainan canggih yang cukup terkenal di jaman dulu. Permainan ini adalah dengan memelihara peliharaan elektronik melalui gawai bernama tamagotchi.

Peliharaan dalam tamagotchi juga bisa mati lho jika kita lupa memberi makan. Selain itu, ukurannya kecil sehingga mudah untuk dibawa kemanapun atau bahkan dijadikan gantungan kunci di tas.

Permainan Masa Kecil Tamagotchi
Sumber : id.wikipedia.org

Grahinda Alaya
Grahinda Alaya
A teenager who believe that simplicity is the key to happiness.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read