Monday, August 8, 2022
HomeLifestyleLakukan Hal Ini Jika Kamu Mengalami dan Melihat Pelecehan Seksual

Lakukan Hal Ini Jika Kamu Mengalami dan Melihat Pelecehan Seksual

-

Jakarta, OOTB – Pelecehan seksual semakin marak dan mudah terjadi di sekitar kita. Menurut data yang tercatat dalam Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) sebanyak puluhan ribu kasus kekerasan yang terdiri dari pencabulan, pelecehan, persetubuhan, dan pemerkosaan.

Bahkan, Komnas Perempuan menyatakan setiap 2 jam ada 3 korban yang menjadi korban kekerasan seksual.

Kasus pelecehan seksual ini juga paling banyak terjadi di ruang publik, transportasi publik, hingga lingkungan pendidikan.

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika kamu menjadi korban pelecehan seksual, diantaranya:

Memberanikan diri untuk berbicara dengan terus terang

Setiap korban pelecehan seksual tentunya memiliki reaksinya masing-masing. Beberapa merasa ketakutan dan enggan untuk menyuarakan sehingga memendam semuanya sendiri. 

Faktanya, diam tidak akan memberhentikan dan menyelesaikan hal tersebut. Sebagai korban, salah satu hal yang harus dapat kamu lakukan dengan penuh keberanian adalah menyuarakan pelecehan tersebut baik ke orang-orang yang kamu percaya.

Baca Juga: Waspada Emotional Blackmail, Manipulasi Psikologis Yang Menjebak

Satu hal yang harus dipahami bahwa menjadi korban pelecehan seksual bukanlah aib yang harus ditanggung sendirian. Terbukalah sedikit demi sedikit agar kamu tidak memendam semuanya sendiri dan pelaku dapat ditangkap agar kejadian tersebut tidak dapat terulang sehingga memakan korban baru.

Mencari bantuan ke lembaga maupun pihak berwenang

Sebagai korban pelecehan seksual, kamu tidak perlu takut sendirian. Terdapat beberapa lembaga yang dapat dengan sigap membantu kamu untuk menangani kasus pelecehan seksual yang kamu terima. 

Beberapa lembaga tersebut antara lain, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan berbagai lembaga masyarakat lainnya.

Baca Juga: 3 Remake Film Korea Ini Siap Tayang Tahun 2022, Mana Yang Kamu Tunggu?

Melakukan konseling

Pelecehan seksual yang dialami seseorang tentunya dapat mengganggu kehidupannya hingga memberikan trauma yang mendalam. 

Bahkan, beberapa diantaranya tidak dapat lagi melanjutkan hidupnya seperti biasa karena dihantui bayang-bayang kejadian tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah menutup diri dan ragu untuk mendapatkan konseling dari ahlinya.

Untuk menghentikan kasus pelecehan ini semakin marak terjadi juga perlu bantuan dan perhatian dari masyarakat sekelilingnya. 

Jika kamu melihat adanya pelecehan seksual yang dialami seseorang, kamu dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

Mengalihkan perhatian korban

Beberapa korban umumnya tidak dapat bereaksi terlebih lagi berteriak minta tolong ketika pelecehan sedang terjadi. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah mengalihkan perhatian korban.

Kamu dapat berpura-pura menjadi temannya dengan berbicara dengan akrab dan santai. Dengan begitu, kamu membuatnya percaya bahwa dia tidak sendirian dan membuat pelaku untuk mundur.

Melaporkan ke pihak berwenang

Korban umumnya merasa bingung dan tidak tahu harus melakukan apa ketika terjadi pelecehan seksual. Jangankan untuk melaporkan ke pihak berwenang, berbicara sedikitpun biasanya sulit untuk dilakukan.

Baca Juga: Tren TikTok Pasang Kancing di Mata, Berasal Dari Film Coraline

Oleh karena itu, apabila kita melihat korban pelecehan seksual, kita dapat mendampingi dan membantu untuk melaporkan ke pihak berwenang agar pelaku dapat ditangkap.

Mendokumentasikan

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan adalah mendokumentasikan kejadian tersebut. Dokumentasi disini berfungsi sebagai bukti yang kuat untuk dilaporkan ke pihak yang berwenang dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan lainnya terlebih lagi menyebarkannya ke internet tanpa consent.

Menenangkan dan mendampingi korban

Korban seringkali merasa terguncang atas apa yang telah terjadi pada dirinya. Sebagai sosok yang melihat hal tersebut, hal yang dapat kamu lakukan adalah menenangkan dan terus mendampingi korban.

Beberapa korban dapat merasakan trauma yang mendalam sehingga menutup dan menarik diri dari lingkungan. Oleh karena itu, mendampingi korban merupakan hal yang sangat membantu untuk hidup korban.

Nah, hal-hal tersebut dapat kamu lakukan ketika kamu mendapatkan ataupun melihat pelecehan seksual. 

Baca Juga: Barang yang Kamu Wajib Bawa Untuk Perlindungan Diri

Ingat, pelecehan seksual dapat terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa terkecuali. Oleh karena itu, butuh banyak bantuan untuk dapat membasmi kasus ini agar tidak terdapat korban-korban lainnya. U’re not alone, we stand beside you!

Administrator
Administratorhttps://ootb.id
We provide great content!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read