Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleKenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

Kenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

-

Jakarta, OOTB – Menjaga kebersihan kulit wajah memang wajib dilakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat. Mencuci muka saja dirasa kurang cukup untuk membersihkan kulit wajah. Untuk itu, terdapat banyak rangkaian produk skincare yang digunakan salah satunya adalah toner. 

Toner adalah salah satu jenis skincare yang digunakan setelah tahap mencuci muka. produk skincare satu ini berfungsi untuk membersihkan kulit dari sisa kotoran yang belum terangkat dan melembabkan kulit wajah.

Terdapat dua jenis toner yang bisa kita gunakan dan memiliki fungsi yang berbeda yaitu, exfoliating toner dan hydrating toner. Kamu dapat menggunakan kedua jenisnya untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat, dan juga glowing.

1. Exfoliating toner

exfoliating toner
Sumber: Avoskinbeauty.com

Sesuai dengan namanya, toner satu ini memiliki fungsi utama untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah dengan bahan-bahan chemical yang terkandung dalam exfoliating toner. Umumnya, senyawa yang terkandung didalamnya adalah alpha dan beta-hydroxy atau yang akrab disebut dengan AHA dan BHA maupun PHA serta senyawa turunan lainnya seperti salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid.

Senyawa AHA berfungsi untuk mengatasi pro-pori besar, kerutan, warna kulit wajah yang tidak sama, bahkan memudarkan bekas jerawat. Sedangkan senyawa BHA berfungsi langsung untuk mengatasi produksi minyak yang berlebih yang tentunya sangat cocok untuk kamu yang memiliki wajah dengan tipe berminyak.

Baca juga: 10 Langkah Melakukan Korean Skincare Routine

Terdapat beberapa efek samping yang bisa timbul setelah menggunakan exfoliating toner yaitu kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, dan juga dapat menyebabkan purging.

Exfoliating toner dianjurkan digunakan sebagai skincare malam hari dan juga setelah menggunakan exfoliating toner di malam hari, kamu wajib mengaplikasikan sunscreen ke kulit wajah kamu untuk melindungi kamu dari paparan sinar matahari.

Untuk pengaplikasiannya, disarankan untuk menggunakan kapas agar sisa kotoran dapat terangkat di kapas. Selain itu, Exfoliating toner juga tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari, kamu dapat menggunakan toner jenis ini satu kali seminggu maupun 2-3 kali seminggu. Jangan lupa untuk selalu menghidrasi kulit kamu setelah menggunakan exfoliating toner dengan hydrating toner maupun moisturizer.

2. Hydrating toner

hydrating toner
Sumber: Instagram.com/hatomugi.id

Berbeda dengan exfoliating toner yang memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati kamu, hydrating toner memiliki fungsi untuk melembabkan kulit wajah kamu. Tak hanya sekedar melembabkan, hydrating toner merupakan salah satu basic skincare yang tidak boleh kamu lewatkan karena penggunaan toner ini mampu menyiapkan kulit kamu untuk menerima rangkaian produk skincare selanjutnya. Tentunya hal ini akan membuat penggunaan skincare bekerja lebih optimal di wajah kamu.

Baca juga: Perhatikan hal ini sebelum membeli Scented Candle

Hydrating toner umumnya mengandung bahan-bahan yang terkenal untuk menjaga kelembaban kulit seperti hyaluronic acid, vitamin E, aloe vera, dan kandungan lainnya. 

Sebagai salah satu basic skincare, Hydrating toner cocok untuk segala jenis kulit terutama kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Untuk pengaplikasiannya disarankan dengan menuangkan toner ke kedua telapak tangan yang sudah bersih dan ditepuk-tepuk ringan di wajah agar toner cepat menyerap. 

Menggunakan kedua toner ini secara bersamaan biasa disebut sebagai teknik double toning yang tentunya bagus untuk kulit wajah. Pemakaian secara rutin dan konsisten akan membuat kulit wajah kamu menjadi bersih, sehat, dan juga glowing. Kalo ultimate people, produk exfoliating dan hydrating toner apa sih yang jadi favorit kamu? Cerita ke kita juga yuk di bawah ya!

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read