Saturday, September 18, 2021
HomeLifestyleKenali Diri Kamu Lewat Tes MBTI

Kenali Diri Kamu Lewat Tes MBTI

-

Jakarta, OOTB – Ultimate people, kalo ngomongin soal kepribadian pasti kamu sudah gak asing lagi mendengar kata-kata introvert dan ekstrovert. Nyatanya, kepribadian gak cukup dibagi ke dalam domain itu aja lho. Terdapat sebuah tes psikologi yang biasa disebut dengan MBTI (Meyers-Briggs Type Indicator) yang menjadi uji kepribadian paling sering digunakan di seluruh dunia. Penasaran sama tes satu ini? yuk , simak lebih lanjut artikelnya ya!

Tes MBTI mulai dikembangkan pada tahun 1940 oleh  Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabell Briggs Myers. Keduanya mengembangkan tes ini berdasarkan tipologi kepribadian yang diciptakan oleh psikoanalis Carl Jung.

Tes MBTI ini berisi pertanyaan-pertanyaan terhadap preferensi seseorang menggunakan empat domain yang berbeda. Nah, ekstrovert dan introvert yang biasa kamu dengar ini juga termasuk salah satu domain penilaian yang ada dalam tes MBTI.

Apa aja sih domain dalam tes MBTI?

1. Introvert (I) – Ekstrovert (E)

Dua kepribadian ini menggambarkan bagaimana seseorang berinteraksi di dalam lingkungan sosialnya. Selain itu, ada juga teori yang beranggapan bahwa kepribadian introvert dan ekstrovert melihat bagaimana seseorang menyalurkan dan menerima energi.

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert (I) cenderung lebih sering menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri, merasa nyaman ketika melakukan aktivitas sendirian, dan biasanya membutuhkan tenaga ekstra saat bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Namun, seseorang yang memiliki kepribadian introvert bukan berarti tidak menyukai berinteraksi dengan orang lain.

Kepribadian ekstrovert (E) adalah kebalikannya. Seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung sangat menyukai interaksi dengan orang lain, dan merasa bersemangat ketika melakukan aktivitas bersama orang lain.

2. Intuitive (N) vs Sensory (S)

Tes MBTI juga membantumu mengenali diri kamu melalui bagaimana cara kamu memproses, menangkap, dan mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar. Terdapat dua tipe yaitu sensing dan intuitive.

Sensing (S) adalah tipe orang yang suka mengamati dan mempelajari lingkungan disekitarnya secara mandiri atau learning by doing. Sedangkan intuitive (I) adalah tipe orang yang lebih banyak mengandalkan intuisinya, gemar berimajinasi, dan cenderung memiliki pola pikir yang abstrak.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Korea R&B yang Wajib Ada di Playlist Kamu!

3. Thinking (T) – Feeling (F)

Dalam hal ini, MBTI mengolah bagaimana cara kamu mengambil dan menimbang keputusan. Tipe thinking (T), cenderung mengambil keputusan secara empiris dan objektif. Sedangkan tipe feeling (F), cenderung mengambil keputusan dengan mempertimbangkan perasaan, orang yang ada di sekitar, serta emosi hatimu.

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Domain terakhir dalam tes ini membantu mengenali diri dari bagaimana cara kamu menangani dan menyikapi hal-hal yang terjadi di sekitar.tipe judging (J), cenderung suka mengerjakan sesuatu hal secara terstruktur, mampu bersikap tegas, dan teguh pada pendirian.

Tipe perceiving (P), cenderung menyukai hal-hal yang fleksibel, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan suasana baru.

Dari keempat domain tersebut, tes MBTI akan menghasilkan dan mengkategorikan kedalam 16 kepribadian yaitu, INFP, INTJ, INFJ, INTP, ENTJ, ENTP, ENFJ, ENFP, ISFJ, ISFP, ISTJ, ISTP, ESFJ, ESFP, ESTJ, ESTP.

Tes kepribadian ini bermanfaat untuk mengenali dan memahami diri kita sendiri, selain itu, tes MBTI juga banyak digunakan di beberapa perusahaan sebagai salah satu tahap rekrutmen yang menjadi acuan untuk mengenali kandidat lebih dalam.

Namun, kepribadian kita adalah sesuatu hal yang dinamis, dimana bisa saja terjadi perubahan. Tes MBTI mu saat ini mungkin saja akan berbeda dengan tes MBTI mu pada 5 tahun yang akan datang.

Buat kamu yang penasaran sama kepribadianmu, yuk coba cari tau dengan mengikuti tes MBTI disini ya!

 

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah...

0
Jakarta, OOTB - Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan...