Monday, September 7, 2020
Home Lifestyle Jajanan Pasar Yang Sudah Jarang di Pasaran

Jajanan Pasar Yang Sudah Jarang di Pasaran

Oleh: Vivi Coster

-

Jakarta, OOTB — Jajanan pasar yang terdiri dari beberapa menu makanan tradisional setiap daerah memang sudah semakin sulit untuk ditemukan. Menunya sendiri tegolong lebih sehat karena mengandung bahan-bahan alami.

Munculnya menu variasi jajanan baru membuat jajanan pasar tersebut nyaris hilang dari pasaran. Walaupun beberapa menu lama tersebut sudah muncul dengan kemasan baru seperti kue cubit kekinian dan cake klepon yang mulai digrandrungi kalangan milenial. Lalu apa saja sebenarnya jajajan pasar yang mulai menghilang tersebut:

1. Klepon

Klepon | bp-guide.id

Berbentuk bulat dengan isi gula merah, klepon memiliki tekstur yang kenyal dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

2. Getuk

Getuk | bp-guide.id

Getuk kukus ini terbuat dari singkong yang dikukus dan dihaluskan. Getuk memiliki tekstur yang sangat lembut, rasanya yang manis dan sangat cocok dipadukan dengan parutan kelapa muda. Rasanya yang eksotik mucul karena adanya kombinasi sempurna dari santan kental, mentega, dan gula pasir.

3. Nagasari

Nagasari | bp-guide.id

Dibungkus menggunakan daun pisang, membuat cemilan ini makin terlihat khas. Bentuknya yang menarik, rasanya yang lezat, dan teksturnya yang kenyal membuat Nagasari begitu nikmat apalagi dinikmati dengan kopi pahit.

4. Onde-Onde

Onde-onde | bp-guide.id

Namanya onde-onde, jajanan pasar dengan bentuk bulat dan permukaan kulitnya yang dibuat dari ketan yang ditaburi wijen gurih sangat renyah di luar lembut di dalam karena diisi dengan kacang hijau manis.

5. Semar Mendem

Semar Mendem | bp-guide.id

Seperti lemper hanya saja lapisan luarnya tidak ditutup daun melainkan telur dadar dan tepung. Kue tradisional khas Solo yang terbuat dari ketan putih yang telah diaron dengan campuran santan dan garam, kemudian dikukus. Rasa jajanan pasar ini lezat dan gurih, apalagi ditambah dengan isi daging ayam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

20 Playlist 90an Buat Mood Booster Hari Senin

0
Jakarta, OOTB – Memulai dan mengakhiri aktivitas dengan mendengarkan lagu favorit bisa menjadi hal yang paling menyenangkan hati. Manfaat mendengarkan musik...