Friday, November 6, 2020
Home Lifestyle Inilah Tiga Organisasi eSport di Indonesia

Inilah Tiga Organisasi eSport di Indonesia

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Perkembangan eSport di Indonesia saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan banyaknya atlet kita yang meraih prestasi internasional, membuat pemerintah dan asosiasi olahraga melihat eSport sebagai potensi yang harus diberikan wadah untuk berkembang.

Saat ini di Indonesia kita mengenal ada tiga lembaga resmi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan industri eSport di tanah air.

1. Indonesia eSports Association (IESPA)

Dibentuk sejak 1 April 2014, IESPA adalah organisasi pertama yang mewadahi eSport di Indonesia. Lembaga ini yang pertama kali mendapatkan lisensi eSport internasional dan berhak untuk ikut kompetisi internasional. Tanggung jawab IESPA mencakup dari game online, game offline, game developing serta team gaming yang ada di Indonesia.

2. Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI)

Awalnya organisasi yang dibentuk 16 Juli 2019 ini bertanggung jawab untuk pendataan pemain eSport Indonesia yang tidak terikat pada tim. Hal ini ditujukan untuk memudahkan seleksi atlet yang akan berlaga di kejuaraan eSports nasional dan internasional. Saat ini AVGI pun sudah berkembang pesat dan anggotanya tersebar di seluruh Indonesia.

3. Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI)

Secara resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga akhirnya meresmikan Pengurus Besar (PB) eSports pada tanggal 18 Januari 2020 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan terpilih sebagai ketua umum dan Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai Ketua Dewan Pembina. Meski baru dibentuk, namun PB eSports bertanggung jawab untuk membuat regulasi resmi yang mengatur eSports.

Kepengurusan ini memiliki beberapa komite seperti kompetisi, inovasi dan lain-lain. Harapannya dengan adanya kepengurusan secara resmi ini, Indonesia bisa meraih medali pada Olimpiade Paris 2024.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

20 Playlist 90an Buat Mood Booster Hari Senin

0
Jakarta, OOTB – Memulai dan mengakhiri aktivitas dengan mendengarkan lagu favorit bisa menjadi hal yang paling menyenangkan hati. Manfaat mendengarkan musik...

Kamis Quotes