Friday, June 5, 2020
Home Lifestyle Buku-buku Favorit Saya, Untuk Materi Setahun Membaca!

Buku-buku Favorit Saya, Untuk Materi Setahun Membaca!

Oleh: Cisca Becker

-

Jakarta, OOTB – Salah satu resolusi saya di tahun 2020, adalah untuk membaca lebih banyak buku. Tidak muluk-muluk, saya berencana ingin bisa membaca setidaknya 1 buku setiap bulannya. Maklum, sebagai ibu bekerja dengan tiga anak, ini adalah ambisi paling realistis yang bisa saya canangkan ke diri sendiri. Syaratnya, buku harus dibaca dari awal sampai habis dan harus buku yang belum pernah saya baca sebelumnya. So far so good, sudah dua buku saya baca, segera akan saya bagi-bagi reviewnya!

In the meantime, saya mau membagi semangat pada semua, juga untuk mencoba menyempatkan membaca buku, setidaknya 1 buku tiap bulannya. Sesekali letakkan smartphone, dan angkat buku. Hasilnya, setidaknya yang saya rasakan, menyenangkan loh! Pikiran terstimulasi, hati lebih tenang, dan seperti ada rasa puas bisa menghibur diri sendiri tanpa menggunakan smartphone 🙂

Disini saya akan berikan referensi beberapa buku-buku terfavorit yang pernah saya baca, yang bisa jadi bacaan anda di tiap bulan, start bulan ini, Februari. Semoga membantu, dan selamat membaca!

Februari

Di bulan cinta ini, anda bisa terbuai dengan kisah romantis di novel The Time Traveler’s Wife, karya Audrey Niffenegger.

Sudah ada filmnya sih, tapi baca bukunya lebih asyik! Love conquers all, even time.

Maret

Karena pada tanggal 8 Maret seluruh dunia akan memperingati International Women’s Day, kayaknya pas kalau anda membaca memoir dari salah satu writer/comedian dan wanita paling sukses di dunia hiburan US, Tina Fey, yang berjudul “Bossy Pants”. Seru sekali menyimak kisah hidupnya semasa menjadi pengisi acara dan penulis di acara Saturday Night Live, dimana Tina bersama rekan-rekan komedian perempuan (Amy Poehler, Maya Rudolph, dll) membuktikan bahwa “women are funny too!”

April

Tanggal 22 April adalah Hari Bumi. Momen yang tepat untuk membaca buku Sapiens karya Yuval Noah Harari. Buku bestseller di seluruh dunia ini akan membuka mata anda mengenai sejarah umat manusia, dan apa pengaruh kita pada planet bumi dan isinya semenjak kemunculan species homo sapiens, manusia modern pertama.

Mei

Pada bulan ini kebanyakan dari anda akan menjalani ritual tahunan: mudik untuk ber-Lebaran. Saya rekomen untuk mengisi waktu libur, baca novel Kite Runner, karya Khaled Hosseini. Sang penulis membuat novel ini berdasarkan kisah hidupnya dimana dia menghabiskan masa kecilnya di Afghanistan, sebelum negeri itu dirundung perang tak berkesudahan. Saat dia mudik melihat kampung halamannya dia tergerak untuk membuat cerita yang dia dedikasikan untuk anak-anak korban perang di Afghanistan.

Juni

Saat ini wealth inequality lagi jadi topik yang seksi. Namun Aravind Adiga sudah menjadikan issue gap si kaya- si miskin sebagai tema sentral dalam novel perdananya di tahun 2008 “The White Tiger”. Dengan setting negara India, yang maju namun juga korup, cerita di novel ini akan membuat kita terkejut-kejut namun juga terhibur. A real page turner!

Juli

Di bulan Juli perhatian dunia pasti akan tertuju ke Tokyo Jepang, dimana akan diselenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020. Salah satu buku kesukaan saya sepanjang masa adalah novel karya penulis Inggris-Jepang Kazuo Ishiguro, Never Let Me Go. Imajinasi Ishiguro dalam menciptakan sebuah dunia dystopian yang entah kenapa terasa begitu nyata dan dekat, dengan karakter-karakter dan cerita yang begitu menggugah, membuat buku ini jadi salah satu buku paling memorable yang saya pernah baca.

September

Bulan September sering dikatakan sebagai bulan fashion, karena di bulan inilah berbagai fashion week di berbagai kota mode dimulai. Termasuk yang paling ditunggu-tunggu, Paris Fashion Week. Untuk mendapatkan perspektif berbeda mengenai kota Paris, anda bisa membaca buku memoir karya David Sedaris “Me Talk Pretty One Day” yang menceritakan pengalamannya tinggal di kota Paris sebagai orang Amerika. Banyak sekali momen bikin ngakak di buku ini!

Oktober

10 Oktober 2020 adalah World Mental Health Day. Untunglah semakin banyak orang kini menyadari pentingnya pemahaman issue kesehatan mental, dan tidak lagi percaya pada stigma dan mitos yang salah seputar mental health. Buku yang menurut saya pas dibaca untuk tema ini, adalah buku favorit saya dari Paulo Coelho, “Veronika Decides To Die”. Jangan gentar dengan judulnya yang gloomy, ceritanya sangat menghibur dan endingnya juga uplifting kok!

November

Di bulan ini negara terkuat di dunia, USA, akan menjalani pemilihan presiden kembali. Apakah Donald Trump akan bertahan untuk periode keduanya, atau dia harus meninggalkan White House karena akan ada Presiden baru yang terpilih? Satu hal yang pasti, ketegangan akibat konflik rasisme di US memang semakin mencuat semenjak hadirnya President Trump dengan slogan America First yang dia kumandangkan di pidato penerimaannya.

Namun sebenarnya issue rasisme selalu ada di sana, dan bisa dikatakan telah menjadi bagian dari sejarah kelam negara tersebut semenjak hadirnya African Americans yang hidup bersama para pendatang kulit putih.

Tema hubungan kulit putih-kulit hitam ini juga yang diangkat di novel klasik karya penulis Amerika Serikat Harpers Lee, “How To Kill A Mockingbird”. Dari cerita ini, bisa kita tarik sebuah paralel, walaupun waktu setting cerita ini dengan dunia kita terpisah hampir 1 abad, ternyata masih ada hal yang tak pernah berubah.

Desember

Di Indonesia kita merayakan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Salah satu buku yang pernah saya baca yang mendedikasikan cerita pada sosok ibu, adalah memoir “Angela’s Ashes”, karya Frank McCourt.

Angela adalah nama mendiang ibu dari Frank. Dia seorang single mother yang harus bekerja keras menghidupi Frank dan adik-adiknya di tengah segala masalah di Irlandia. Frank McCourt seorang storyteller yang sangat baik. Ceritanya kelam, dengan ilustrasi kemiskinan yang mencengangkan. Tapi juga lucu, menyentuh, dan pada akhirnya, inspiratif.

Previous articleSulap Senin Jadi Seru
Next articleDear Diare! STOP Dong
Cisca Becker
Cisca Becker
Disibukkan sebagai broadcaster, presenter, dan penulis, Cisca justru, Cisca merasa dirinya harus benar-benar pintar mengatur waktu demi menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Hey ARMY, Nikmati Keindahan Natal dan Tahun Baru bersama BT21

0
Jakarta, OOTB – Saat penghujung tahun, biasanya dihabiskan dengan menikmati kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat. Kali ini, buat fans BTS...