Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleAnak MobilTurbo Untuk Mesin 1000cc? Kenapa Tidak?

Turbo Untuk Mesin 1000cc? Kenapa Tidak?

-

Jakarta, OOTB –Turbo untuk mesin 1000cc? Kenapa tidak? Sesuai dengan judulnya, mobil dengan mesin berkapasitas kecil dengan teknologi turbo adalah salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menambah torsi mobil dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jika kamu mengira Turbocharger pada mesin mobil hanya untuk adu balap, kamu salah kaprah selama ini. Banyak keuntungan yang didapat dari teknologi turbo, karena selain dapat mendongkrak tenaga mesin sekaligus membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Kubikasi 1000cc

Perbandingannya seperti ini, jika mesin 1200cc tanpa turbo menghasilkan 88Hp (Horse Power) pada 6000RPM dengan torsi 105Nm di 2500 – 4000RPM, sedangkan turbo untuk mesin 1000cc menghasilkan 98Hp (horse power) pada 6000RPM dan torsi 140Nm di 2500-4000RPM, ada peningkatan 35Nm pada mesin yang dihasilkan dari turbo.

Turbocharger

Cara kerja Turbocharger memanfaatkan energi panas pada gas buang. Gas buang tersebut dialihkan ke turbin yang diubah menjadi energi mekanis untuk memutar turbin yang nantinya akan menghasilkan lebih banyak udara ke dalam ruang bakar. Sehingga kompresi dan tekanan udara pada ruang bakar meningkat. Cara kerja inilah yang menjadikan mobil dengan teknologi turbo memiliki torsi yang lebih besar.

cara kerja turbocharger

Efisiensi Bahan Bakar

Selain meningkatkan torsi, teknologi turbo juga dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar, tapi untuk yang satu ini ada banyak faktor seberapa efisiensi penggunaan bahan bakar, seperti, tingkat oktan pada bahan bakar juga gaya mengemudi dan jalan yang dilewati juga sangat berpengaruh dalam efisiensi bahan bakar.

Harga Turbo Aftermarket

Untuk diketahui harga Turbocharger aftermarket sangat bervariasi dipasaran, range harga dimulai dari 10-40 jutaan. Brandnya sendiri pun ada dari HKS, Garret, Borg Warner, IHI dan Greedy. Jika harga turbo aftermarket tersebut dirasa agak jauh dari kantong maka ada pilihan lainnya yaitu Turbocharger bekas bawaan mobil lain. Kendati demikian, jangan langsung tergiur dan membeli Turbocharger bekas mobil bawaan tersebut, karena Turbocharger tidak bisa bekerja sendiri, jadi untuk menggunakannya ada komponen lain yang harus dipasang.

intercooler

Baca juga: Sering Hajar Polisi Tidur? Siap-siap Tanggung Akibatnya Ya

Komponen Pendukung Turbo

Blow-off Valve

Komponen pendukung Turbo juga menjadi hal penting yang harus diperhitungkan dalam memasang Turbocharger ke mesin mobil. Banyak orang tergiur dengan turbo untuk mesin 1000cc, padahal untuk komponen pendukung turbo pun harus dibeli juga agar turbo dapat bekerja dengan maksimal. Contoh komponen tersebut adalah Blow-off Valve, Piggyback, header, downpipe, dan tidak ketinggalan juga intercooler. Jika dihitung kasar untuk komponen tersebut – belum termasuk ongkos pasang – bisa menyentuh harga 30 jutaan. Jadi jika ingin memasang turbo beserta komponennya setidaknya harus ada budget 50 juta.

Bagaimana? Tertarik untuk pasang turbo?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read