Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleAnak MobilKonvert Suzuki Katana 4x2 Jadi Berpenggerak 4x4 Untuk Keperluan Camping

Konvert Suzuki Katana 4×2 Jadi Berpenggerak 4×4 Untuk Keperluan Camping

-

Jakarta, OOTB – Suzuki Katana, salah satu SUV dengan sasis Ladder Frame keluaran pabrikan Suzuki yang masuk ke Indonesia dengan periode edar dari tahun 1986 sampai dengan tahun 2006 ini, sejatinya terlahir berpenggerak 4×2. Sebelum menyandang nama Katana, Suzuki terlebih dahulu memasukkan Suzuki Jimny yang dari lahir memang menggunakan penggerak 4×4. Namun karena pajak mobil 4×4 yang lebih tinggi dari pajak mobil 4×2 di Indonesia, akhirnya Suzuki memproduksi Suzuki Katana dengan penggerak 4×2 yang lebih terjangkau dan lebih cocok untuk segmen orang Indonesia kala itu.

katana 4x4

Sebagai informasi, Suzuki Katana adalah generasi kedua dari Suzuki Jimny yang masuk ke Indonesia pada tahun 1982. Generasi kedua dari Suzuki Jimny ini sempat terlahir dengan nama Jimny dengan periode edar mulai tahun 1982 sampai dengan tahun 1986 sebelum akhirnya berganti nama menjadi Suzuki Katana dan menjadi penggerak 4×2.

Baca juga: Turbo Untuk Mesin 1000cc? Kenapa Tidak?

katana 4x4

Bagi kamu yang aktif dan rutin melakukan camping atau kegiatan olahraga luar ruang, pastinya butuh kendaraan yang mumpuni untuk mengantar kamu ke medan-medan yang cukup sulit dilalui bagi mobil berpenggerak 4×2. Nah Katana yang dikonversi menjadi penggerak 4×4 bisa menjadi solusinya. Kendaraan jenis 4×4 memang sedikit lebih mahal dari kendaraan berpenggerak 4×2, tapi Katana adalah salah satu pilihan mobil budget yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendukung hobi anda.

katana 4x4

Untuk membuat Katana menjadi berpenggerak 4×4, syarat wajib yang harus anda penuhi adalah kamu harus punya Katana terlebih dahulu. Syukur-syukur kalau kamu memiliki Katana saat ini, namun bagi kamu yang tidak memilki Katana, kamu bisa membeli versi bekasnya dengan budget sekitar 25 jt – 50jt untuk Katana tahun 90-an awal sampai 90 an akhir. Untuk Katana tahun 2000-an ke atas rata rata masih dijual dengan harga diatas 50jt – an tergantung kondisi tentunya. Setelah meminang Katana kamu, kamu bisa pergi ke bengkel yang dapat mengkonversi Katana 4×2 kamu menjadi 4×4.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung dan Sekitarnya

katana 4x4

Proses pengerjaannya pun bisa dikatakan plug and play karena memang sama parts-partsnya dengan saudaranya, yakni Jimny. Proses pengerjaan biasanya berlangsung hanya 2 hari kerja dari data yang kami dapatkan dari beberapa bengkel-bengkel spesialis 4×4, dengan catatan semua parts sudah ready. Berikut adalah budget dan list barang yang harus dipasangkan di Katana anda agar bisa menjadi berpenggerak 4×4 :

  • Gardan depan
  • Kopel
  • Transfer case
  • Shifter 4×4
  • Final gear
  • Ongkos pasang

Untuk dapat mengkonversi Katana dengan kode body SJ410 ini menjadi berpenggerak 4 roda, diperlukan budget dengan kisaran 15jt – 20jt tergantung dari harga parts dan dibengkel mana kamu melakukan konversi. Setelah konversi dilakukan dengan sempurna kamu sudah bisa memulai petualangan kamu dengan mengeksplor daerah yang biasanya medannya sulit dilalui untuk kendaraan 4×2. Selamat mencoba Campers!

Febryanto
Febryanto
A man who loves mother nature

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read