Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleAnak MobilPilihan Mobil Listrik di Indonesia Buat Dukung Gaya Hidup Kamu

Pilihan Mobil Listrik di Indonesia Buat Dukung Gaya Hidup Kamu

-

Jakarta, OOTB – Mobil listrik di Indonesia makin marak sejak Tesla S P100D masuk ke Indonesia pada tahun 2017 yang diimport langsung oleh Prestige Motor. Namun sebenarnya keberadaan mobil listrik di Indonesia sudah ada dari tahun 2012 dan itu dibuat oleh anak bangsa sendiri yang diprakarsai oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN pada saat itu.

Mobil listrik yang pada saat itu masih dalam tahap pengembangan dipamerkan di KTT APEC Bali pada tahun 2013, mungkin seharusnya saat ini kita sudah bisa menikmati mobil listrik buatan sendiri jika proyek tersebut berjalan lancar, namun sayang beribu sayang mobil listrik yang waktu itu sedang dalam tahap pengembangan terkena masalah dan terpaksa harus dihentikan karena dituduh merugikan negara dan dianggap tidak lolos uji emisi.

Akhirnya para ATPM seperti Toyota, BMW, Hyundai, Mitsubishi, Nissan dan Lexus merilis mobil listrik buatan mereka untuk dipasarkan di Indonesia. Mari kita Bahas satu persatu mobil listrik yang dijual di Indonesia, karena siapa tahu para pembaca OOTB.id, Ultimate People, sedang ingin membeli mobil listrik untuk mendukung gerakan Go Green ini. Banyak keuntungan yang didapat dari memiliki sebuah mobil listrik ini salah satunya adalah bebas dari ganjil genap. Hihihi.

  1. Toyota Corolla Cross Hybrid

mobil listrik di indonesia

Sewaktu peluncuran mobil ini di tahun 2020 lalu, Toyota benar-benar mengejutkan banyak orang termasuk saya sendiri, karena seperti yang kita tahu Corolla itu biasanya berbentuk sedan, hatchback dan liftback bahkan generasi ke-12nya pun ada yang versi Station Wagon. Namun kali ini Toyota melakukan perubahan yang sangat signifikan yaitu dengan meluncurkan versi medium SUV yang diberi nama Toyota Corolla Cross Hybrid, mobil yang berhasil terjual sebanyak 652 unit selama tahun 2020 kemarin menggunakan mesin Hybrid bertenaga 98ps dan torsi 142Nm, disandingkan dengan motor listriknya bertenaga 72ps dan torsi 163Nm. Sementara untuk versi mesin sendiri berkapasitas 1800cc, bertenaga 140ps dan torsi 172Nm.

Untuk harga, Toyota Corolla Cross Hybrid ini dibanderol dari harga 450 jutaan sampai dengan yang paling mahal 490 jutaan.

  1. BMW i3S

bmw i3s

Design BMW i3S mengingatkan saya pada bentuk mobil Smart Fortwo dari Daimler namun bedanya BMW i3S ini agak sedikit lebih Panjang dari Smart Fortwo karena BMW i3S ini mobil dengan kapasitas 4 penumpang dewasa. BMW i3S ini masuk ke Indonesia ditahun 2019 ditenagai oleh full listrik alias tidak ada mesin sama sekali, walaupun sebenernya ada yang versi mesin yaitu range extender dilengkapi dengan mesin 650cc, tapi sayangnya yang versi tersebut tidak masuk ke Indonesia. BMW i3S ini adalah mobil yang compact yang sangat cocok untuk digunakan dalam kota saja, karena ruang bagasinya yang tidak begitu luas.

BMW i3S ini memiliki tenaga 184 Hp dan torsi 270Nm yang didapat sejak 0 RPM. Tenaga tersebut hampir sama dengan BMW 320i. Mobil dengan bukaan pintu penumpang bergaya suicide door (karena tidak memiliki pilar B) ini hanya butuh 6,9 detik (klaim BMW) untuk akselerasiniya dari 0 – 100Km/jam. Sungguh tenaga yang luar biasa besarnya untuk mobil dengan design seimut ini.

Jika dalam keadaan baterai penuh BMW i3S ini di klaim oleh BMW dapat menempuh jarak sekitar 285 Km. Jangan khawatir jika baterai habis, pihak BMW sudah melakukan riset dan uji coba untuk mengisi daya baterai dari 0 – 100% itu hanya butuh Rp70.000 saja.

BMW i3S dibanderol dari harga 1,3M off the road dan sekitar 1,4M on the road. Jika anda tertarik dan ingin membeli mobil ini maka anda juga akan langsung mendapatkan wall box charger yang dapat anda pasang ditembok rumah, tenang saja, untuk mengisi ulang baterai dari 0-100% itu hanya butuh waktu sekitar 4 jam saja.

Baca juga: Turbo Untuk Mesin 1000 cc? Kenapa Tidak?

  1. Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona

hyundai ioniq

Awalnya Hyundai Ioniq dengan tenaga listrik ini lebih dulu dipakai oleh Grab pada awal tahun 2020 untuk menjadi salah satu armadanya dan pada saat itu pihak Hyundai belum memperjualbelikan ke masyarakat Indonesia. Kemudian pada bulan November 2020 untuk meramaikan pasar mobil listrik Indonesia, Hyundai langsung merilis 2 mobil listrik besutannya, yaitu Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona. Untuk Hyundai Ioniq sendiri dibanderol dari harga 620 jutaan dan 660 jutaan untuk versi yang paling tinggi.

Hyundai Ioniq ini memiliki tenaga 136ps dan torsi 295 Nm yang membuatnya dapat  berakselerasi dari 0 sampai 100 Km/jam hanya membutuhkan waktu 10,2 detik. Hyundai Ioniq dibekali baterai dengan kapasitas 38,3 kWh. Saat baterai terisi penuh Hyundai Ioniq diklaim dapat menempuh jarak 300 Km lebih.

mobil listrik di indonesia

Lalu yang kedua ada Hyundai Kona, pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu dengan versi mesin bensin 2.000cc, kemudian untuk versi listrik oleh Hyundai baru dijual pada bulan November 2020, mobil ini memiliki tenaga sebesar 201ps dan torsi 394Nm. SUV Compact ini hadir dengan motor listrik magnet synchronous bertenaga 150 kW dan baterai lithium-ion 64 kWh. Untuk harga sendiri Hyundai Kona dibanderol dengan harga 670 jutaan.

  1. Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik di Indonesia

Nissan Kicks e-Power ini dibuat untuk menggantikan Nissan Juke, pengganti dari Juke ini bukan hanya tampilan dan fitur yang modern tapi juga teknologi penggerak yang modern. Mobil ini diluncurkan pada bulan September 2020. Cara kerja mobil hybrid satu ini sedikit berbeda dari mobil hybrid pada umumnya.

Saya akan jelaskan dulu cara kerja mobil hybrid pada umumnya, biasanya mobil hybrid itu sumber penggeraknya adalah dari mesin dan juga motor listriknya, salah satu atau keduanya dapat bekerja secara paralel. Anda dapat menggunakan motor listriknya saja jika ingin irit bahan bakar atau anda juga bisa menggunakan penggerak mesin untuk mendapatkan rasa berkendara yang klasik dengan suara knalpot yang masuk hingga ke dalam kabin mobil. Mobil hybrid umumnya juga akan dilengkapi dengan socket charger untuk mengisi ulang baterainya.

Sangat berbeda dari Nissan Kicks e-Power ini, karena mobil ini tidak dilengkapi dengan socket charger, dan sumber tenaga untuk mengisi ulang baterai didapat dari 2 sumber, yang pertama dari energi kinetik yang diubah jadi energi listrik yang kemudian disimpan dalam baterai sama seperti cara kerja mobil hybrid lainnya.

Namun yang bikin beda Nissan Kicks e-Power ini dari mobil hybrid lainnya adalah satu sumber lagi untuk mengisi ulang baterai yaitu dari mesin 1.200cc, tiga silinder, mesin tersebut tidak dipakai untuk menggerakan mobil, pure hanya untuk mengisi ulang baterai. Yang mana secara singkat ini sangat mirip dengan cara kerja genset.

Jadi bisa dibilang ini adalah mobil listrik yang menggendong genset kemanapun dia pergi. Genset ini, maksud saya mesin ini memiliki kapasitas bensin 41 liter. Dengan adanya mesin tersebut, Nissan Kicks e-Power ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 20-30Km/liter.

Tenaga motor listriknya sendiri sebesar 127ps dan torsi sebesar 260Nm disalurkan kedua roda depan, walaupun masih menggunakan mesin bensin sebagai sumber tenaga untuk isi ulang baterai, anda tetap bisa merasakan sensasi mobil listrik, seperti; tarikan yang halus, tanpa getaran dan juga torsi yang instan.

Nissan Kicks e-Power ini dibanderol mulai dari 470 jutaan. Dan itu membuat Nissan Kicks e-Power ini menjadi mobil hybrid paling terjangkau yang dijual di Indonesia.

  1. Mitsubishi Outlander PHEV

outlander phev

Mitsubishi Outlander PHEV (Plugin Hybrid Electric Vehicle) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 di Paris Motorshow, kemudian mulai dijual pada tahun 2013. Mitsubishi Outlander PHEV ini dibekali dengan mesin 2.000cc 4 silinder dengan tenaga 126ps dan torsi 199Nm dan kapasitas baterai sebesar 13,8kWh. Kelebihan dari mobil penggerak empat roda ini adalah bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt.

Pada Outlander PHEV ini terdapat 2 buah motor listrik yang berada didepan dan juga dibelakang, untuk bagian depan berdaya 80ps dengan torsi 199Nm, sedangkan untuk motor penggerak bagian belakang berdaya 93ps dengan torsi 195Nm.

Mobil listrik di Indonesia

Outlander PHEV ini memiliki 3 mode berkendara, yang pertama ada EV Drive Mode, mobil bergerak secara full listrik yang sumber penggeraknya dari baterai yang disalurkan keempat rodanya.

Lalu yang kedua ada Hybrid Mode, mode di mana motor akan menggerakkan kendaraan dengan listrik yang dihasilkan dari mesin. Mesin akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan untuk menambah tenaga saat mobil berakselerasi dengan cepat.

Yang ketiga ada Parallel Hybrid Mode, yaitu mesin menggerakkan mobil saat melaju pada kecepatan tinggi, dengan dibantu oleh motor listrik ketika dibutuhkan tenaga tambahan.

Mitsubishi Outlander PHEV ini dibanderol mulai dari 890 jutaan.

Baca juga: Sering Hajar Polisi Tidur? Siap-siap Tanggung Akibatnya Ya

  1. Lexus UX 300e

Mobil listrik di Indonesia

Lexus UX 300e ini adalah produk pertama dari Lexus yang full electric dan pertama kali juga langsung dipasarkan di Asia Tenggara tepatnya di Indonesia pada akhir 2020 lalu. Mobil SUV ini memiliki kapasitas baterai 54,3 kWh dengan output yang dihasilkan sebesar 201ps dan torsi 300 Nm yang disalurkan kedua roda depannya. Lexus UX 300e ini mengambil basic dari Lexus UX yang mana secara tampilan dan design masih sama persis, yang membedakan hanya sumber penggeraknya saja.

Untuk akselerasinya jangan ditanya lagi, karena 0 – 100km/jam dapat dicapai hanya 7 detik saja, yang mana itu lebih cepat dari Lexus UX bermesin konvensional.

Dalam kondisi baterai penuh SUV ini diklaim dapat menempuh perjalanan hingga 300Km dan butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk pengisian dari 0 – 100%. Jika pada umumnya mobil listrik tidak memiliki banyak air scoop untuk sirkulasi mesin karena tidak membutuhkan hal tersebut, berbeda pada Lexus UX 300e ini, Lexus tetap mempertahankan ciri khasnya dengan grille besar layaknya mobil konvensional.

Untuk harganya sendiri Lexus UX 300e ini dibanderol harga 1,245 M.

Top of The Top. Tesla.

tesla

Menurut penulis, Tesla masih menjadi mobil listrik terbaik yang pernah ada untuk saat ini dan belum ada yang dapat menandinginya. Saat ini Tesla memiliki 5 jenis mobil, yang pertama ada Tesla S P100D, kemudian ada Tesla Model Y, Tesla Model X dan Tesla Model 3, sebenernya ada Tesla Roadster juga tapi yang itu kalau penulis tidak salah, versi tersebut tidak masuk ke Indonesia.

Soal Tenaga jangan ditanya lagi, untuk yang versi S P100D memiliki total output sebesar 762ps dan torsi sebesar 1087Nm, makanya tidak heran jika 0-100Km/jam hanya membutuhkan waktu 2,5 detik saja.

Untuk harganya sendiri Tesla dibanderol mulai dari 1,5M dan 3,8M untuk harga tertingginya.

Bagaimana? Sudah siap menyambut masa depan? Mobil listrik ini seperti investasi, ada harga yang tinggi yang harus dikeluarkan didepan, tapi ingat, setelah memilikinya anda akan sangat terbantu sekali karena minim perawatan dan juga biaya bahan bakar yang dikeluarkan akan sangat jauh berkurang dibanding mobil bermesin konvensional. Dan juga secara tidak langsung anda sudah mendukung Gerakan Go Green lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read