Friday, July 1, 2022
HomeLifestyleAnak MobilJangan Asal Pilih, Pahami Fungsi dari Tiap Jenis Grease

Jangan Asal Pilih, Pahami Fungsi dari Tiap Jenis Grease

-

Jakarta, OOTB — Bagi setiap pemilik kendaraan tentunya mengetahui dengan baik komponen-komponen kendaraan yang dimilikinya menjadi sebuah keharusan. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa komponen pendukung yang tak boleh dilewatkan. Grease atau gemuk merupakan sebuah pelumas berbentuk padat yang dihasilkan oleh minyak pelumas yang telah dipadatkan. 

Gemuk ini berfungsi untuk melumasi komponen bergerak di mobil seperti bantalan, engsel dan ball joint. Tak hanya itu, penggunaan grease atau gemuk ini juga dapat memperpanjang usia pakai dari kendaraan karena mampu mengoptimalkan kinerja komponen kendaraan.

Grease biasanya dibentuk dari kalsium, sodium atau gel lithium (sabun) yang terelmusi dengan oli mineral.

Keunggulan Grease

Terdapat beberapa kelebihan yang membuat grease lebih unggul dibandingkan dengan minyak pelumas biasa. Beberapa keunggulan tersebut yaitu:

  1. Memiliki daya tahan terhadap beban yang lebih tinggi
  2. Memiliki tingkat kerapatan yang baik. Dengan menggunakan grease tentunya air, gas, kotoran, dan lain-lain tidak akan menyelinap dan menempel ke sela-sela komponen yang sudah dilumasi dengan grease
  3. Lebih tahan lama. Grease yang memiliki sifat berbentuk padat tentunya dapat bertahan lebih lama dan awet karena tidak akan mengalir maupun menyebar ke komponen lainnya.

Kekurangan Grease

Meskipun dianggap lebih unggul dibandingkan dengan minyak pelumas biasanya, grease nyatanya tetap memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan dari penggunaan grease antara lain:

  1. Sulit untuk dibersihkan, bentuknya yang padat tentunya akan membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya terlebih lagi apabila terdapat beberapa kotoran yang sudah terlanjur tertempel
  2. Memiliki tahanan gerak yang lebih besar, hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu kekurangan penggunaan grease karena tahanan gerak yang lebih besar dapat mengakibatkan pergerakan menjadi lebih berat
  3. Lebih cepat panas, bentuknya yang padat ini juga nyatanya membuat grease memiliki kemampuan untuk didinginkan yang lebih rendah. Oleh karena itu, komponen yang dilumasi oleh grease biasanya lebih cepat panas
  4. Lebih sulit untuk diganti dan diisi

Jenis Grease

Grease memiliki beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya. Penggunaan grease atau gemuk yang tidak tepat nyatanya dapat berakibat fatal pada komponen kendaraan Bro-Sis. Salah satu efek fatal yang dapat disebabkan oleh grease adalah komponen tidak akan mendapatkan pelumasan yang tentu saja dapat membuat gerakan spare part menjadi kaku dan mampu menyebabkan kerusakan.

Simak beberapa jenis grease atau gemuk yang biasa digunakan pada komponen kendaraan dibawah ini!

  1. Grease Chassis

Berbicara tentang chassis pada mobil tentunya erat kaitannya dengan kotoran seperti debu maupun lumpur. Oleh karena itu, penggunaan grease pada komponen ini haruslah mampu kedap air, kotoran, tekanan, hingga guncangan.

Terdapat dua tipe yang disarankan kegunaannya pada komponen ini, yakni:

Lithium soap base multi purpose grease

Sesuai dengan namanya yang multi purpose, Grease tipe satu ini sangat cocok digunakan untuk komponen kendaraan yang sering mengalami pergerakan seperti kopling, steering linkage, propeller shaft, shackle pin, hingga king pin.

Molybdenum disulfide lithium soap base grease

Grease atau gemuk tipe satu ini termasuk ke dalam tipe yang spesial karena memiliki kemampuan yang tinggi. Molybdenum disulfide lithium soap base grease banyak digunakan pada komponen kendaraan yang memiliki tekanan tinggi.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Dengan Cicilan Dibawah 3 Juta, Dijamin Untung

Beberapa komponen tersebut yaitu ball joint, clutch, suspension arm, steering center arm, CV joint, constant velocity joint, hingga rack and pinion steering gear.

Meskipun biasa disebut sebagai grease spesial,  molybdenum disulfide lithium soap base grease memiliki kekurangan yaitu bertekstur sangat lengket sehingga cukup sulit untuk dibersihkan.

  1. Grease untuk bantalan roda

Grease untuk komponen ini biasa disebut juga dengan grease atau gemuk bearing. Tipe grease yang cocok digunakan pada komponen ini adalah lithium soap base multi purpose grease. Meskipun memiliki nama yang sama dengan tipe grease yang digunakan untuk grease chassis akan tetapi terdapat beberapa perbedaan diantaranya:

  • Tahan panas, temperatur pada bantalan roda termasuk tinggi bahkan bisa mencapai sekitar 130 derajat celcius ketika sedang digunakan saat berkendara. Oleh karena itu, gemuk yang digunakan untuk bantalan roda haruslah tahan akan panas.
  • Stabil, lithium soap base multi purpose grease yang digunakan untuk bantalan roda haruslah stabil terhadap oksidasi sehingga lebih tahan lama.
  • Tahan air, grease untuk bantalan roda haruslah tahan terhadap air maupun lumpur. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya karat pada bantalan roda
  • Tahan terhadap tekanan tinggi, kita seringkali melewati jalan dengan jenis yang beragam mulai dari yang bertekstur maupun yang dipenuhi dengan lubang. Oleh karena itu, gemuk pada bantalan roda haruslah kuat dalam menahan hentakan.
  1. Rubber grease

Grease yang biasa digunakan umumnya berbahan dasar lithium soap yang terbuat dari glycol grease. Grease dengan bahan dasar tersebut sangat cocok digunakan untuk komponen yang berbahan karet seperti seal caliper dan baut floating pada caliper.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini 5 Cara Memilih Asuransi Mobil Yang Benar

Namun sayangnya, banyak yang masih memaksakan penggunaan gemuk berbahan dasar minyak pada komponen berbahan karet. Alhasil akan membuat karet menjadi melar dan rusak.

  1. Cooper grease

Cooper grease biasa digunakan untuk ulir pada busi maupun baut pada roda. Selain itu, grease satu ini juga bisa digunakan pada belakang brake pad.

 

Administrator
Administratorhttps://ootb.id
We provide great content!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

10 Ide Menghias Telur Paskah

0
Jakarta, OOTB - Perayaan Paskah memang selalu identic dengan telur yang dihias dengan cantik. Untuk membuat perayaan Paskah kamu semakin meriah dan menarik, kamu...