Wednesday, June 3, 2020
Home Lifestyle 7 Langkah Beli Mobil Secara Online Yang Aman

7 Langkah Beli Mobil Secara Online Yang Aman

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Jaman telah berubah dengan cepat, termasuk dalam proses beli mobil. Daripada menghabiskan waktu untuk mencari mobil idaman dari satu tempat ke tempat lain, belum lagi ditambah negoisasi yang kadang memakan energi, saat ini kita sudah dimudahkan dengan cara beli mobil tanpa harus meninggalkan rumah bahkan kadang penjual dan pembeli bisa bertransaksi tanpa perlu bertemu langsung.

Sekarang kamu bisa gunakan cara online yang akan mengurangi stress untuk beli mobil. Inilah tujuh langkah agar kamu bisa beli mobil secara online dengan aman.

1. Tentukan anggaran

Tanpa mengetahui anggaran yang akan kamu keluarkan, sulit untuk menemukan mobil yang kamu cari. Kamu bisa lakukan survey untuk mengetahui harga pasaran mboil idaman. Pastikan budget kamu adalah harga on the road, termasuk segala perlengkapannya seperti pajak, asuransi, bensin, perawatan kendaraan dan lain lain.

2. Cari bank atau leasing yang tepat

Banyak yang harus dipertimbangkan apabila kamu ingin beli kendaraan dengan sistem leasing atau kredit. Periksa kondisi keuangan kamu dulu, kalkulasi dengan tepat. Makin pendek tenor, cicilan akan makin besar. Bank biasanya menawarkan bunga rendah tapi persyaratannya rumit. Sementara kredit melalui leasing, meski prosedurnya mudah biasanya bunganya lebih tinggi.

3. Cari model mobil yang tepat

Ada pembeli yang sudah mengetahui mobil apa yang dicari, termasuk model, warna, tahun sampai harga. Tapi ada juga yang belum tau apa yang dicari dan butuh bantuan agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Cari ulasan atau review mengenai mobil yang kamu inginkan. Biasanya kamu mendapatkan review yang obyektif dari para pengguna mobil yang kamu cari, bukan dari penjualnya.

4. Cek apakah ada promo

Terkadang pada periode tertentu, ada promo-promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Promo ini seperti bonus, kemudahan pembayaran, diskon, gratis servis dan lain-lain. Hal ini bisa jadi pertimbangan kamu dalam menentukan transaksi.

5. Hubungi penjual secara online

Kamu bisa menghubungi pihak penjual atau penyedia mobil melalui email atau chat room. Para customer service biasanya sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang biasa diajukan saat pembeli butuh informasi. Pastikan pertanyaan fokus pada mobil yang memang sudah kamu inginkan. Ini akan mengurangi stress pada saat transaksi face-to-face.

6. Test drive

Kamu perlu mencoba untuk mengendarai mobil yang kamu inginkan. Buktikan kalau kenyamanan berkendara kamu dapatkan dari performance mesin, eksterior dan interior mobil. Saat ini kamu bisa menentukan tempat test drive, maka mobil akan diantar untuk kamu coba kendarai.

7. Selesaikan transaksi dan tunggu mobil diantar

Sekarang kamu bisa menyelesaikan semua transaksi, tunggu persetujuan leasing atau bank apabila kredit, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Kemudian tunggu mobil diantar ke tempat kamu.

Gak perlu ragu lagi kalau ingin memiliki mobil yang kamu impikan melalui online dengan aman. Sekarang kamu bisa membelinya dengan cara yang mudah melalui bidbox.id.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Hey ARMY, Nikmati Keindahan Natal dan Tahun Baru bersama BT21

0
Jakarta, OOTB – Saat penghujung tahun, biasanya dihabiskan dengan menikmati kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat. Kali ini, buat fans BTS...
no time to die

My Best Bond Girls