Monday, November 29, 2021
HomeLifestyle6 Cara Diet sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

6 Cara Diet sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

-

Jakarta, OOTB – Siapa yang tidak mau punya tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal? Menerapkan pola hidup sehat sampai melakukan diet adalah cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan. Berikut adalah 6 cara diet sehat versi OOTB yang ampuh bisa membantu untuk menurunkan berat badan kamu:

  1. Diet Tinggi Protein

cara diet sehat

Dilansir dari Alodokter, diet ini adalah jenis diet yang sesuai dengan namanya yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein. Disini juga pelaku diet diharuskan untuk membatasi asupan karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, buah, sayuran, dan sereal. Diet ini berkonsep dengan menekan asupan karbohidrat sehingga tubuh dapat lebih banyak membakar lemak dan menghasilkan energi yang lebih banyak. Sebelum melakukan diet ini, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar rencana diet kamu bisa lebih sehat dan aman.

Baca juga: Solusi Ngopi Tanpa Harus Khawatir Gigi Bernoda

  1. Diet Mayo

cara diet sehat

Sempat menjadi trend di sekitaran tahun 2017, diet mayo merupakan diet yang hampir mirip dengan diet tinggi protein yaitu sama-sama bertujuan untuk menekan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, ditambah dengan dibatasinya asupan garam. Sudah banyak katering makanan di luar sana yang memang menyediakan menu 13 hari diet mayo. Diet ini selain tidak menggunakan nasi sebagai sumber makanan, menu ini didominasi oleh sayur dan sumber protein seperti daging, namun makanan pada diet ini cenderung hambar karena tidak menggunakan garam.

  1. Diet Paleo

diet paleo

Diet ini menggunakan cara seperti halnya manusia gua. Metode diet ini diadopsi dari pola makan manusia gua zaman prasejarah pada masa paleolitikum. Cara ini dianggap sesuai karena pada zaman tersebut, manusia gua memiliki pola makan yang sesuai dengan rancangan dasar tubuh manusia. Secara umum, makanan yang dapat dikonsumsi pada diet ini berupa daging, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan. Jenis makanan lainnya seperti umbi-umbian dan kerang. Tentunya ini sudah dimodifikasi dan tidak seratus persen mengikuti, yang sangat menjadi patokan adalah makanan yang bebas gluten. Gluten bersifat seperti perekat yang merupakan gabungan protein yang bisa ditemukan dalam gandum.

  1. Diet Alkaline

diet alkaline

Sesuai dengan namanya, diet ini berfokus pada sumber makanan yang memiliki kandungan yang tinggi alkaline. Makanan tinggi alkaline dapat menyeimbangkan pH tubuh, sehingga ini bisa membantu kamu terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa mengancam jiwa. Beberapa sumber makanan yang tinggi alkaline yang bisa kamu pilih adalah makanan alami yang tumbuh dari pohon ataupun tanah.

  1. Clean Eating

clean eating

Diet macam ini cukup sulit dilakukan, karena tujuan dari diet ini adalah untuk mengurangi asupan minyak berlebih pada makanan yang dikonsumsi. Makanan yang segar, organik, serta kaya nutrisi bisa menjadi referensi kamu dalam memilih diet ini. Kamu harus menghindari konsumsi makanan yang mengenyangkan secara instan dan tidak ada nutrisi seperti junk food, makanan-makanan instan yang mudah diolah, hingga makanan yang memiliki waktu yang lama dan susah dalam proses memasaknya. Makanan yang sudah terlalu banyak diproses bisa berakibat berkurangnya kandungan vitamin atau bahkan bisa menghilang.

  1. Diet Mediterranean

Diet Mediterranean

 

Berasal dari kebiasaan makan sehat bangsa Eropa yang tinggal di bagian selatan seperti Yunani dan Italia, diet ini berfokus pada sayuran dan buah segar yang harus ada sebagai makanan penutup. Selain itu, beberapa sumber makanan yang dikonsumsi meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, yoghurt, 4 buah telur per minggu, ikan, dan sedikit daging merah.

Nah, 6 Cara diet sehat tadi sangat cocok sekali untuk diterapkan di masa new normal seperti ini, karena selain kita harus jaga kondisi pikiran agar tidak stress akibat dari wabah pandemi ini kita juga harus jaga kondisi badan agar tetap fit. Ada Pepatah latin bilang “mens sana in corpore sano” didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Bagaimana, tertarik untuk diet? Yuk, pasti bisa yuk, kuatkan niat dan komitmen agar bisa menjalani diet sehat tersebut ya, cara diet sehat ini gak cuma buat orang-orang yang memiliki jumlah lemak berlebih ya, tapi juga bisa diterapkan untuk kalian yang punya badan proposional, karena tujuan dari diet ini adalah untuk menjaga badan agar tetap ideal dan juga fit dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Toni Maliki
Toni Malikihttps://ootb.id
“I’m drawing with light, cooking with passion, mixing with motion, & I’m not a good lover” – Toni Maliki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...