Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleAnak MobilViral Pengemudi Pajero, Ini Spesifikasi Mobil Pajero yang Dikendarainya

Viral Pengemudi Pajero, Ini Spesifikasi Mobil Pajero yang Dikendarainya

-

Jakarta, OOTB – Viral pengemudi Pajero yang beberapa hari belakangan membuat ramai media sosial, yaitu pemukulan terhadap supir truk oleh pengemudi mobil Pajero di daerah Sunter Jakarta Utara. Kronologi dari kejadian ini adalah mobil Pajero yang bermanuver mendadak yang membuat pengemudi truk yang ada dibelakangnya menjadi kaget dan reflek mengklakson panjang. Setelah mengklakson panjang, pengemudi truk kontainer pun langsung tancap gas lagi.

Tidak terima di klakson panjang, pengemudi dari mobil Pajero langsung mengejar truk kontainer tersebut yang akhirnya berhasil menghentikan laju truk dan menganiaya supir serta memecahkan kaca depan truk menggunakan stick yang dibawa dari mobilnya. Mantan pelaut dan bekerja outsourcing ini mengaku emosi melakukan hal tersebut.

Baca juga: Modifikasi Mobil Aliran Rice atau Sleeper?

Dilansir dari DetikOTO, pelaku kena Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan, kemudian Pasal 335 KUHP ayat 2 tentang perbuatan tidak menyenangkan dengan ancaman kekerasan. Tidak hanya itu saja, mobil Pajero yang dikendarainya ternyata berplat nomor palsu yang mana kena pasal 263 tentang pemalsuan surat kendaraan dengan pidana penjara paling lama enam tahun.

Dari kejadian tersebut kita dapat menilai bahwa beberapa oknum yang mengendarai  mobil SUV dengan body mobil besar yang terlihat “intimidatif” di jalan memiliki karakteristik yang arogan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Pengaruh dari mobil yang dikendarainya atau sang pengemudi yang memang tidak dapat mengendalikan emosi?

Sebenarnya mobil  dengan tampang intimidatif ini lebih enak dibawa offroad ketimbang dibawa emosi, karena dengan chassis ladder frame yang dimilikinya tentu menjadi kelebihan tersendiri daripada mobil SUV dengan chassis monocoque. Kata monocoque sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang artinya rangka tunggal, artinya sasis dan bodi menjadi 1.

Chassis Monocoque

Chassis monocoque sendiri pertama kali dikenalkan oleh Lancia Lambda di tahun 1932 dengan design unibody, sasis tersebut terinspirasi dari sebuah lambung kapal. Kemudian, pada tahun 1934 Citroen dan Chrysler ikut meramaikan konstruksi tipe monokok. Untuk Indonesia sendiri hampir semua mobil penumpang menggunakan sasis monokok ini, karena sasis monokok ini lebih cocok untuk mobil penumpang karena keuntungan yang dimilikinya.

Lancia-Lambda source: Revivaler

Keuntungan dari sasis monokok ini adalah ground clearance yang rendah, bantingan yang lembut, memiliki bobot lebih ringan sehingga konsumsi BBM dapat direduksi. Kendati demikian sasis monokok ini juga memiliki kelemahan, bila terjadi tabrakan pada rangka ini, maka akan sulit diperbaiki. Sebab, dalam hal ini sasis sama dengan setiap komponen bodi mobil itu sendiri.

Baca juga: Konvert Suzuki Katana 4×2 Jadi Berpenggerak 4×4 Untuk Keperluan Camping

viral pengemudi pajero
sasis monokok suv-source: cintamobil

Kemudian pabrikan mobil akan sulit melakukan facelift atau perombakan, karena harus merubah bentuk rangka juga. Beberapa mobil SUV yang menggunakan sasis monokok adalah Mitsubishi Outlander Sport, Hyundai Santa Fe, Honda CR-V dan BMW X5. SUV tersebut memang cocok untuk digunakan dalam perkotaan saja, namun apabila ke medan offroad rasanya kurang pas jika menggunakan SUV dengan basik sasis monokok ini.

Chassis Ladder Frame

Chassis ladder frame atau sasis tangga, adalah sasis tertua dalam sejarah otomotif yang penggunaannya untuk kendaraan berat, SUV dan model Jeep. Keuntungan dari memiliki sasis ini adalah mudah di bangun atau di modifikasi karena memang kegunaan dari sasis ladder frame ini sangat cocok untuk off road, pun jika terjadi tabrakan akan lebih mudah untuk di reparasi.

Baca juga: Turbo Untuk Mesin 1000cc? Kenapa Tidak?

Viral pengemudi pajero
jipedia ladder frame source: grid oto

Contoh mobil yang memakai sasis ladder frame antara lain Mitsubishi Pajero, Ford All New Everest, Toyota Innova dan Jeep Wrangler.

Kelemahan dari sasis ladder frame ini adalah memiliki bobot yang berat sehingga penggunaan BBM jadi lebih boros, mudah terguling karena memiliki body roll yang tinggi dan juga memiliki biaya produksi yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read