Monday, November 29, 2021
HomeNewsPelajar Wajib Tau! Syarat Membuat SIM Untuk Pelajar

Pelajar Wajib Tau! Syarat Membuat SIM Untuk Pelajar

-

Jakarta, OOTB – SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah dokumen atau surat wajib yang dimiliki setiap pengendara. SIM menjadi penanda bahwa kita memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam berkendara. SIM adalah surat yang wajib dibawa ketika kamu sedang berkendara baik motor maupun mobil. Salah satu pelanggaran lalu lintas yang paling banyak terjadi adalah pengendara tidak membawa SIM atau bahkan tidak memiliki SIM. pelanggaran ini banyak terjadi pada pelajar karena membawa kendaraan bermotor namun belum memiliki SIM. 

Maka dari itu, melalui kampanye Millenial Road Safety Festival yang telah diadakan oleh Korlantas Polri, mengajak untuk seluruh pelajar yang berusia di atas 17 tahun untuk membuat SIM yang dinamai dengan SIM Millenial atau SIM Pelajar. Nah, ultimate people gimana sih cara membuat SIM pelajar ini? Simak syarat-syaratnya dibawah ini ya!

Syarat Usia

Untuk membuat SIM pelajar terdapat beberapa kategori usia. Persyaratan usia ini gak hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) tetapi juga untuk Warga Negara Asing (WNA). Jadi , pastikan usia kamu sudah berada di atas 17 tahun ya ultimate people sebelum ingin membuat SIM pelajar!

  • Berusia 17 tahun untuk SIM A, SIM C, dan SIM D
  • Berusia 20 tahun untuk SIM B I
  • Berusia 21 tahun untuk SIM B II
  • Berusia 20 tahun untuk SIM A Umum
  • Berusia 22 tahun untuk SIM B I Umum
  • Berusia 23 tahun untuk SIM B II Umum

Syarat Administrasi

Untuk syarat administrasi disesuaikan dengan kebutuhan pelajar. Syarat administrasi ini meliputi pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM, pengalihan golongan SIM, perubahan data pengemudi, penggantian SIM hilang ataupun rusak, dan penerbitan SIM akibat pencabutan SIM. 

Baca juga: Rekomendasi Studio Podcast Jakarta dan Sekitarnya

Buat kamu pelajar yang ingin membuat SIM baru, terdapat beberapa syarat administrasi yang harus kamu penuhi, antara lain: 

  • Mengisi formulir pengajuan SIM
  • Untuk Warga Negara Indonesia, kamu wajib menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli setempat yang masih berlaku
  • Untuk Warga Negara Asing, kamu wajib menyiapkan dokumen keimigrasian

Syarat Kesehatan

Syarat yang terakhir dalam pembuatan SIM adalah syarat kesehatan. Kesehatan jasmani meliputi penglihatan, pendengaran, maupun fisik. Sedangkan kesehatan rohani meliputi kemampuan konsentrasi, pengendalian diri, kecermatan, dan lainnya.

Baca juga: Squid Game, Permainan Pertaruhan Nyawa Demi Harta

Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang diterbitkan oleh klinik kepolisian ataupun Pusat Pelayanan Kesehatan yang merupakan keterangan dari dokter.

Nah, itu dia syarat yang harus kamu penuhi ketika hendak membuat SIM pelajar. Sebelum berkendara, pastikan untuk memiliki SIM terlebih dahulu yaa ultimate people!

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...