Tuesday, October 26, 2021
HomeLifestyleKenali 12 Ketentuan Isolasi Mandiri

Kenali 12 Ketentuan Isolasi Mandiri

-

Jakarta, OOTB – Seseorang yang dinyatakan terinfeksi Virus Corona namun tidak memiliki gejala atau hanya merasakan beberapa gejala ringan dapat melakukan isolasi secara mandiri. Hal ini dapat memudahkan pasien untuk memulihkan keadannya karena dirasa tidak memerlukan perawatan khusus dari tenaga kesehatan secara langsung.

Dilansir dari laman CDC, lama waktu perawatan pasien Covid-19 bergantung pada kondisi kesehatannya. Orang dengan imunitas yang lemah mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk bisa dinyatakan negatif Covid-19. Hal ini dikarenakan tiap individu memiliki sistem imun yang berbeda-beda serta terdapat beberapa faktor pendukung lainnya seperti riwayat penyakit, usia, dan faktor lainnya.

Meskipun hanya merasakan gejala yang ringan ataupun tidak bergejala sama sekali, isolasi mandiri harus tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada untuk memutus penyebaran Virus Corona.

isolasi mandiri

Berikut ketentuan isolasi mandiri di rumah

1. Istirahat di ruangan berventilasi dan pencahayaan yang baik

Ruangan berventilasi tentunya akan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pencahayaan dalam ruangan juga harus diperhatikan terutama cahaya alami seperti masuknya cahaya matahari. Cahaya matahari dapat memberikan vitamin yang baik bagi tubuh sehingga dapat membantu proses pemulihan.

2.Tidur di kamar terpisah

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung dengan pasien. Namun, apabila tidak memungkinkan, maka yang harus dilakukan pasien adalah menjaga jarak minimal satu meter dari anggota rumah dan wajib menggunakan masker begitupun sebaliknya.

3. Gunakan kamar mandi terpisah atau disinfeksi rutin

Pasien yang terpapar Virus Corona dan melakukan isolasi mandiri di rumah dianjurkan untuk menggunakan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Jika ini tidak memungkinkan, setelah menggunakan kamar mandi, orang yang terinfeksi harus membersihkan dan melakukan disinfeksi ke semua permukaan sambil menggunakan sarung tangan.

Selain itu, Jika anggota keluarga membutuhkan kamar mandi setelah seorang pasien menggunakannya, tunggu selama mungkin untuk memberi kesempatan agar udara di dalam bersirkulasi.

4. Pakai alat makan, minum, dan mandi pribadi

Menggunakan alat makan dan minum serta handuk mandi pribadi dilakukan guna menghindari berbagi barang yang sama antar pasien dan anggota rumah. Setelah digunakan, barang-barang tersebut harus dicuci dengan sabun serta air panas dan menggunakan sarung tangan sekali pakai.

5. Menghindari kontak langsung

Saat melakukan isolasi mandiri didalam rumah bersama dengan anggota keluarga, pasien tidak boleh melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga lainnya dan lakukan jaga jarak minimal satu meter.

6. Pakai masker dengan benar

Pasien harus memakai masker dengan benar ketika sedang tidak sendirian di dalam ruangan dan tidak dapat menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Cegah Penyebaran Dengan Protokol Kesehatan 5M

7. Jaga jarak saat beraktivitas

Meskipun sedang melakukan isolasi mandiri, tidak berarti pasien Covid-19 tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Lakukan aktivitas didalam ruangan kamar dan tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan anggota rumah.

8. Cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer

Pasien yang terinfeksi Virus Corona dan anggota rumah harus mencuci tangan atapun menggunakan hand sanitizer sehabis menyentuh barang. Hal ini dilakukan sebagai proteksi diri guna menghindari menyentuh barang-barang yang terkena droplet pasien.

9. Lakukan disinfeksi berkala

Disinfeksi dilakukan untuk membersihkan barang-barang ataupun permukaan yang sering disentuh oleh pasien.

10. Tangani sampah dengan hati-hati

Limbah dari pasien harus dikemas dalam kantong tertutup yang kuat sebelum dibuang atau dibersihkan guna mencegah penyebaran Virus Corona.

11. Rutin pantau gejala

Meskipun melakukan isolasi mandiri, pasien harus tetap memantau serta memperhatikan kondisi kesehatan. Dalam beberapa kasus, beberapa gejala tidak muncul disaat bersamaan. Lapor ke petugas jika merasa gejala semakin parah.

12. Orang yang merawat wajib menerapkan dan taat protokol kesehatan 5M

Orang yang merawat harus dalam keadaan sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M. hal ini wajib dilakukan karena orang yang merawat rentan terpapar Virus Corona akibat berada dekat dengan pasien.

Pasien terinfeksi Virus Corona yang sedang melakukan isolasi mandiri tidak perlu dijauhkan apalagi mendapatkan kucilan dari masyarakat. Dukungan dari lingkungan sekitar merupakan salah satu hal yang penting selama proses pemulihan guna menjaga mental dan fisik pasien.

 

 

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read