Monday, November 29, 2021
HomeLifestyleKasus Covid-19 Melonjak, Cegah Penyebaran Dengan Protokol Kesehatan 5M

Kasus Covid-19 Melonjak, Cegah Penyebaran Dengan Protokol Kesehatan 5M

-

Jakarta, OOTB – Penambahan kasus Covid-19 yang semakin melonjak tinggi di Indonesia, mengharuskan masyarakat menerapkan protokol kesehatan jauh lebih ketat lagi guna menghindari penyebaran virus yang sangat cepat dan kini hadir dengan beragam varian. Kalau dulu protokol kesehatan yang dianjurkan berupa 3M, kini sudah saatnya kita beralih untuk menerapkan protokol kesehatan 5M. Ini dia 5M yang wajib kamu lakukan!

1. Memakai Maskerprokes 5M

Memakai masker merupakan salah satu anjuran yang dikeluarkan oleh WHO sebagai upaya memerangi pandemi Covid-19 ini. Virus Corona dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terjangkit Virus Corona ketika sedang batuk ataupun bersin. Oleh Karena itu, penggunaan masker diwajibkan guna menghindari kita menghirup droplet akibat dari kontak langsung.

Tak hanya itu, kini pemakaian masker dianjurkan untuk menggunakan dobel masker yaitu, masker medis dan juga masker kain. Hal ini dilakukan untuk memperketat perlindungan ketika sedang berada di luar.

2. Mencuci Tanganprokes 5M

Penyebaran Virus Corona melalui droplet dapat jatuh ke benda-benda maupun permukaan di sekitarnya. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung, atau mulutnya dapat terjangkit virus Corona.

Untuk itu, masyarakat diwajibkan untuk mencuci tangan kurang lebih 20 detik menggunakan sabun dan air ataupun cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen untuk menghindari penyebaran tersebut.

3. Menjaga Jarak

Prokes 5M
Foto: CNN Indonesia

Menjaga jarak minimal satu meter dianjurkan agar menghindari kontak langsung dengan orang lain dikarenakan Virus Corona yang dapat menyebar melalui droplet. Hal ini dilakukan agar kita menghindari terkena droplet dari orang yang sedang berbicara maupun batuk dan bersin.

4. Menjauhi Kerumunan

Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Semakin kita banyak bertemu dengan orang lain, maka akan memperbesar kemungkinan penularan terjadi karena banyak dari orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala dan tampak sehat.

Baca juga: Teknik Proning Bantu Selamatkan Nyawa Ketika Oksigen Menipis

5. Mengurangi Mobilitasprokes 5M

Anjuran untuk stay at home sudah disuarakan sejak awal pandemi. Kegiatan kantor dan sekolah pun sudah dilaksanakan secara daring untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Semakin sering kamu berpergian, maka semakin tinggi pula potensi untuk terinfeksi.

Yuk, bersama-sama kita saling menerapkan protokol kesehatan 5M ini dengan rajin. Bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Tak hanya untuk diri sendiri, dengan menaati protokol kesehatan, kita juga dapat melindungi orang-orang yang berada disekitar kita. Stay safe everyone!

 

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...