Saturday, September 18, 2021
HomeNewsHUT Bhayangkara ke-75, Ini 12 Seragam Polisi Indonesia

HUT Bhayangkara ke-75, Ini 12 Seragam Polisi Indonesia

-

Jakarta, OOTB – Tanggal 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara yang merupakan peringatan hari jadi Bhayangkara (Polri). Kata Bhayangkara sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti pasukan elite yang bertugas menjaga dan mengawal raja serta keluarga inti kerajaan pada masa Majapahit.

Sedangkan menurut KBBI, Bhayangkara memiliki arti sebagai pangkat golongan tamtama dalam kepolisian di bawah bintara yang mencakupi Bhayangkara utama satu, Bhayangkara utama dua, Bhayangkara utama muda, Bhayangkara kepala, Bhayangkara satu, dan Bhayangkara dua.

Memasuki usia 75, ternyata polisi Indonesia memiliki banyak seragam khusus tak hanya sekadar seragam berwarna cokelat keabu-abuan yang biasa kita lihat. Bukan hanya satu ataupun dua, terdapat 12 total seragam yang disesuaikan dengan divisinya masing-masing.

Seragam Polisi Indonesia

1. Seragam Sabhara

seragam polisi
Foto: Pontianak.tribunnews

Seragam Sabhara merupakan seragam yang biasa digunakan polisi ketika dinas. Seragam berwarna cokelat keabu-abuan ini disebut Sabhara karena singkatan dari Samapta Bhayangkara.

2. Seragam Satlantas

seragam polisi
Foto: Liputan Polri

 

Seragam Satlantas memiliki seragam umum Sabhara tetapi memiliki atribut tambahan yaitu rompi hijau, topi maupun helm berwarna putih, kopel putih, dan tali kur. Kamu yang sering berkendara pastinya sudah gak asing lagi melihat polisi dengan seragam Satlantas karena divisi ini bertugas melakukan penjagaan, pengawasan, dan atribut lainnya yang berkaitan dengan lalu lintas.

3. Seragam Brimobseragam polisi

Seragam Brimob hadir dengan beberapa jenis yaitu seragam berwarna hitam, loreng, dan kehijauan. Ketiga seragam ini punya fungsinya masing-masing, untuk seragam berwarna hitam biasa digunakan ketika operasi di malam hari, seragam loreng digunakan untuk operasi di hutan dan di acara-acara besar. Terakhir, seragam berwarna kehijauan digunakan untuk pelatihan khusus di hutan.

4. Seragam Provos/Propam

Seragam Provos
Foto: Polres Trenggalek

Masih sama menggunakan seragam umum Sabhara, tetapi untuk seragam Provos ditambahkan beberapa atribut tambahan seperti atribut di lengan bertuliskan PROV dan tambahan topi baret berwarna biru. Divisi ini bertugas untuk memberikan pembinaan profesi serta pengamanan lingkungan internal Polri.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Cegah Penyebaran Dengan Protokol Kesehatan 5M

5. Seragam Polisi PBB

Seragam PBB
Foto: Incinews

Polisi PBB memiliki seragam lengkap seperti tentara dengan salah satu atribut khusus helm dan baret berwarna biru yang identik dengan warna PBB. Seperti namanya, polisi PBB memiliki tugas utama untuk menjaga perdamaian dengan ruang lingkup internasional.

6. Seragam Polisi Pariwisata

seragam polisi pariwisata
Foto: Satu Banten

Buat kamu yang sering berpergian ke beberapa tempat wisata kira-kira kenal gak ya sama seragam polisi satu ini? Seragam Polisi Pariwisata berwarna cokelat dan identik dengan dasi merah. Selian itu, terdapat tambahan atribut berupa topi ataupun baret berwarna hitam.

7. Seragam Polisi Sepatu Roda

seragam polisi sepatu roda
Foto: Sandirasa

Memiliki seragam yang berbeda dengan seragam polisi pada umumnya. Polisi yang sering disebut dengan Polisi Car Free Day ini memakai seragam berwarna putih dengan beberapa strip berwarna oranye, helm dan ditambah dengan sepatu roda. Divisi ini biasa beroperasi ketika sedang diadakannya car free day di daerah Sudirman-Bundaran HI.

8. Seragam Polisi Air dan Udara

seragam polisi air dan udara
Foto: Bacapesan

Identik dengan air dan udara, seragam polisi ini berwarna biru dan ditambah dengan atribut baret yang berwarna biru pula. Divisi ini bertugas mengamankan wilayah Indonesia di perairan maupun udara.

9. Seragam Polisi Pantai

seragam polisi pantai
Foto: Polres Kepulauan Seribu

Bertugas di sekitaran lokasi pantai, Polisi Pantai memiliki seragam yang sangat kasual yaitu berupa kaos berkerah berwarna oranye dengan celana pendek selutut berwarna hitam. polisi pantai bertugas menjaga serta mengawasi kegiatan sekitar pantai antara lain, membantu penumpang kapal ojeg maupun kapal predator yang kesulitan singgah ke kapal dan menjaga keselamatan masyarakat yang berada di kisaran pantai.

10. Seragam Polisi DVI

seragam tim DVI
Foto: yukepo

Divisi DVI bertugas mengidentifikasi korban dari suatu bencana. DVI sendiri merupakan singkatan dari Disaster Victim Identification. Polisi DVI memiliki seragam berwarna hitam dan biasa digunakan ketika penyelidikan forensik lebih dalam. Divisi DVI terdiri dari dokter spesialis forensik, dokter gigi, ahli anthropology (ilmu yang mempelajari tulang), kepolisian, serta fotografi.

11. Seragam Polisi LABFOR

seragam polisi
Foto: News Okezone

Kamu akan melihat polisi berseragam LABFOR di tempat terjadinya sebuah peristiwa karena divisi ini bertugas untuk mengumpulkan barang-barang yang berada di TKP. Hampir sama dengan seragam DVI, seragam LABFOR berwarna serba hitam dengan rompi bertuliskan LABFOR dibagian belakangnya dan topi.

12. Seragam Polisi INAFIS

seragam polisi inafis
Foto: Yukepo

Memiliki warna seragam yang sama dengan Polisi Pantai yaitu berwarna oranye, divisi INAFIS memiliki tugas mengidentifikasi sidik jari. INAFIS sendiri merupakan singkatan dari Indonesian Automatic Fingerprints Identification System.

 Nah, itu dia 12 seragam Polisi Indonesia sesuai dengan divisinya. Ternyata, seragam polisi gak hanya berwarna cokelat keabu-abuan yang biasa kita lihat. Kira-kira dari kedua belas seragam di atas, yang mana yang sering kamu temuin ultimate people?

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trend Rice Box Diprediksi Akan Semakin Marak di 2020 Sudah Pernah...

0
Jakarta, OOTB - Buat pengusaha kuliner, hadirnya sistem antar dengan pemesanan online memberikan peluang besar untuk menjangkau pelanggan. Banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan...