Monday, November 29, 2021
HomeLifestyleHello Croast, Tren Croissant Baru Setelah Croffle dan Cronut

Hello Croast, Tren Croissant Baru Setelah Croffle dan Cronut

-

Jakarta, OOTB – Industri makanan memang tak pernah habis akan ide-ide menu barunya. Croissant yang merupakan salah satu pastry khas Perancis yang memiliki tekstur renyah dan berlapis ini berhasil disulap dan digabungkan dengan menu makanan lainnya sehingga menghadirkan menu baru yang unik yaitu cronut, croffle, dan kini croast.

Di tahun 2013, koki pastry Perancis, Dominique Ansel menciptakan cronut atau gabungan antara croissant dengan donat dan menjadi tren di beberapa negara termasuk Indonesia. Uniknya, jika adonan pastry croissant biasa dipanggang, menyesuaikan dengan donat, adonan pastry pada cronut justru di goreng dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

cronut
Sumber: Wikipedia

Cronut menjadi salah satu makanan hybrid yang berhasil dan digemari masyarakat. Kepopulerannya bahkan menjadikan cronut masuk ke dalam daftar ’25 Best Inventions’ di tahun 2013 versi Majalah TIME, dan Surat Kabar The Boston Globe mendeskripsikan Cronut sebagai ‘food portmanteau‘ yang berarti gabungan dua kata yang menghasilkan satu kata baru.

Setelah tren cronut mereda, di Indonesia, croffle kini mendominasi sebagai jajanan hits yang digemari masyarakat. Sama-sama menggunakan bahan dasar pastry croissant, bedanya croffle dipanggang menggunakan cetakan waffle sehingga berbentuk pipih seperti waffle pada umumnya dan disajikan dengan berbagai topping tambahan di atasnya seperti selai, buah-buahan, maple syrup, hingga es krim.

Awalnya, croffle adalah camilan yang biasa disajikan di Korea Selatan dan mulai viral sejak Kang Minkyung, salah satu anggota grup duo Davichi yang populer di Korea, mengunggah video di channel YouTubenya dan menyebutkan croffle sebagai salah satu camilan favoritnya. Tak hanya itu, salah satu anggota EXO, Baekhyun, juga pernah terlihat menyantap camilan manis ini.

Setelah menjadi tren di Korea Selatan, croffle masuk ke Indonesia dan menjadi camilan yang banyak dicari dan digemari masyarakat.

Baca juga: Rekomendasi 3 Croffle Favorite Anak Jakarta, Wajib Kamu Coba!

Berbeda dengan croffle, croast dan cronut sama sama dipopulerkan oleh koki pastry yang sama yaitu  Dominique Ansel dalam rangka pembukaan gerai miliknya di H Queens, Queens Road Central.

croast
Sumber: Official Instagram Union Jakarta

Di Indonesia, salah satu classic brasserie, bakery & bar yang cukup terkenal di Jakarta, Union, baru saja mengunggah menu barunya yaitu croast di laman resmi Instagramnya. Croast adalah perpaduan antara croissant dan juga toast. Croast berbentuk seperti toast pada umumnya yaitu segi empat namun berbahan dasar adonan croissant. Perpaduan ini mampu menghasilkan tekstur renyah, airy, buttery, dan lembut di tiap gigitan, serta tambahan topping seperti Nutella, milk cream, strawberry cheesecake, hingga ube mampu menambah cita rasa jauh lebih menggugah selera lagi.

Gimana ultimate people, sudah tertarik untuk mencoba menu food hybrid satu ini? Untuk kamu yang ingin mencoba croast dari Union Jakarta, kamu harus melakukan pemesanan terlebih dahulu karena menu ini merupakan salah satu menu limited mereka.

Kira-kira croast dapat menyaingi tren croffle di Indonesia gak ya, ultimate people?

 

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Sunmori dan Bisnis Dibaliknya

1
Jakarta, OOTB – Sunday Morning Ride atau biasa disebut Sunmori adalah hal yang sangat digandrungi banyak milenial, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini?...