Tuesday, October 26, 2021
HomeEditor's NoteSelamat Datang Dekade Baru

Selamat Datang Dekade Baru

Oleh: Bayu Oktara

-

Jakarta, OOTB – Tahun 2019 telah berlalu. Kegembiraan dan kesedihan telah berhasil kita lalui. Di negeri ini, tahun politik berhasil kita lalui yang mengukuhkan Bapak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode kedua.

Perjalanan panjang cebong – kampret berakhir manis dengan pertemuan dua capres di atas MRT. Kabinet Indonesia Maju telah diumumkan dengan Bapak Prabowo bertugas sebagai Menteri Pertahanan.

Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di usia 35 tahun menghapuskan sistem ujian nasional dengn konsep lama. Sungguh cerita yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Masuk tahun 2020, warga Jakarta dan sekitarnya mengalami hal yang memprihatinkan di awal tahun. Curah hujan yang turun selama lebih dari enam jam membuat air antri masuk terserap tanah dan mengalir ke laut.

Pemerintah pusat, pemerintah provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten bahu membahu memulihkan situasi. Pembangungan waduk dikejar untuk segera selesai, normalisasi sungai dilakukan dan gerakan-gerakan inisiatif masyarakat terbentuk untuk meringankan beban korban banjir.

Meski demikian, banyak alasan kita bisa menatap tahun 2020 dengan optimis. Banyak hal menarik yang patut kita tunggu di tahun ini. Untuk para gamers, game streaming akan masuk ke generasi terbaru.

Sony akan meluncurkan PlayStation 5, Microsoft akan  mengumumkan xCloud dan Game Pass dimana para pecinta Xbox bisa menikmati konsep on the go, Nintendo akan kembali menghadirkan micro-console yang mengingatkan akan Game Boy dengan game klasik seperti Tetris, Super Mario Land, Link’s Awakening, Donkey Kong dan masih banyak lagi.

Jepang selain akan menyelanggarakan Olimpiade musim panas di Bulan Agustus, mereka juga berencana untuk membangun teknologi robot di bulan. China masih berusaha mewujudkan membangun jalur kereta api yang menghubungkan Beijing dan London. Amerika Serikat akan menyelanggarakan pemilihan umum, menarik apakah akan ada prseiden baru di negeri super power ini.

Inggris akan menyelesaikan Brexit yang masuk tenggat waktu di Januari dan membangun konsep hubungan baru dengan negara-negara di Eropa.

Selain itu, pesawat antariksa komersil akan diluncurkan ke bulan. Ditambah lagi Bulan Juli ini, NASA akan mengirimkan misi ke Mars untuk menyimpulkan penelitian kemungkinan adanya kehidupan di Planet Mars.

Banyak upaya yang telah dilakukan untuk menjaga kelestarian Bumi, seperti melalui The Paris Agreement di tahun 2015 lalu yang menegaskan tentang reduksi emisi karbon dan telah diratifikasi oleh 55 negara.

Negara-negara yang menandatangani kesepakatan ini akan bertmu di bulan November untuk menyampaikan hasil dari upaya yang telah dilakukan.

Kemudian yang sudah ditunggu adalah kehadiran generasi ke-5 sambungan koneksi internet. Tahun 2020 akan menjadi tahun berkibarnya teknologi 5G yang menjanjikan sistem koneksi super cepat dari yang pernah ada.

Menarik untuk menatap 2020 dengan optimis. Meskipun tidak selamanya akan berjalan mulus, tapi tantangan adalah bagian dari pengalaman menuju titik yang lebih baik. Cheers to the past, cheers to the future! Happy 2020.

Bayu Oktara
Bayu Oktara
Bayu Oktara adalah penyiar radio & podcast, MC, aktor, pengisi suara, presenter TV & Pelatih Komunikasi dengan Three Speaker & KOMUNOLOG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read