Wednesday, February 1, 2023
HomeLifestyleAnak MotorTouring Jarak Jauh, Enak Motor Matic Atau Manual?

Touring Jarak Jauh, Enak Motor Matic Atau Manual?

-

Jakarta, OOTB – Touring Motor Jarak Jauh.

Rutinitas sehar-hari di ibu kota dapat membuat badan lelah dan pikiran menjadi penat, banyak cara orang mencoba untuk menyegarkan pikirannya yang penat agar kembali segar. Misalnya dengan makan makanan yang enak, pergi nonton bioskop, main video game, atau bahkan menulis. Tetapi untuk orang yang hobi otomotif terutama roda dua, pasti salah satu healing-nya adalah dengan touring bersama motor kesayangan.

Touring jarak dekat (dalam kota) ataupun touring jarak jauh (luar kota) sampai berhari-hari dijalan, keduanya bisa sama-sama melepas penat. Touring merupakan aktivitas luar ruangan yang dapat memacu adrenalin dan akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama komunitas ataupun grup.

Lalu yang muncul jadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah touring motor jarak jauh lebih nyaman menggunakan motor matic atau manual? Sebelum menentukan motor matic atau manual, ada baiknya kita mengetahui jarak durasi dan juga medan yang ditempuh selama touring. Karena dengan analisa itu tersebut kita dapat mengantisipasi risiko yang akan terjadi di jalan nantinya.

Yang pertama harus diperhitungkan adalah tujuan perjalanan. Jika tujuan perjalanan Anda adalah untuk menikmati sensasi berkendara yang sporty dan dinamis, maka motor dengan transmisi manual mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda ingin fokus pada kenyamanan dan menikmati pemandangan selama perjalanan, maka motor dengan transmisi matic mungkin lebih cocok.

Kemudian tidak lupa juga kondisi jalan. Jika jalan yang akan dilewati saat touring cukup ramai dan akan banyak mengalami macet, maka motor transmisi matic lebih cocok digunakan.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara dan Syarat Perpanjang SIM Secara Online

Kesimpulannya, pilihan antara motor transmisi matic ataupun manual untuk touring motor jarak jauh tergantung pada preferensi pribadi dan tujuan perjalanan. Namun, baik matic atau manual sama-sama dapat digunakan untuk touring.

Touring motor

Persiapan yang harus dilakukan sebelum touring

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum touring adalah:

  1. Periksa dan ganti oli mesin secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan.
  2. Jangan melakukan pengisian bahan bakar yang terlalu penuh, karena dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pembuangan.
  3. Periksa dan ganti air pendingin mesin secara teratur.
  4. Jangan melakukan perubahan yang tidak sesuai pada mesin, karena dapat menyebabkan kerusakan yang serius.
  5. Periksa kondisi kabel pengapian, busi dan kondisi baterai secara berkala.
  6. Lakukan perawatan dan perbaikan pada mesin segera jika ada masalah yang ditemukan.
  7. Gunakan pelumas yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  8. Jangan melakukan pengisian bahan bakar dengan jenis oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Perbedaan motor matic dan manual

Motor transmisi manual dan matic memiliki perbedaan dalam cara kerja dan kontrol transmisinya.

Transmisi manual mengharuskan pengendara untuk menggunakan kopling dan persneling untuk mengubah gear, sedangkan transmisi matic menggunakan sistem otomatis yang mengubah gear tanpa harus menggunakan kopling atau persneling.

Baca juga: 5 Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak, Lengkap dengan Solusinya

Motor transmisi manual memerlukan lebih banyak konsentrasi dan teknik dari pengendara untuk mengoperasikan kendaraan, sedangkan motor transmisi matic lebih mudah digunakan dan lebih nyaman. Motor transmisi manual lebih responsif dan memberikan kontrol yang lebih baik daripada motor transmisi matic.

Motor transmisi manual memiliki performa yang lebih baik daripada motor transmisi matic dalam hal akselerasi dan kecepatan tinggi. Motor transmisi matic memiliki sistem pembuangan yang lebih rumit dan memerlukan perawatan yang lebih sering daripada motor transmisi manual. Motor transmisi matic lebih cocok digunakan untuk pengendara yang tidak mau repot dengan kopling dan gear, seperti untuk pemula atau orang yang sibuk.

Motor transmisi manual lebih cocok digunakan untuk pengendara yang menginginkan kontrol yang lebih baik dan ingin merasakan sensasi berkendara yang lebih sporty dan dinamis.

Gimana Ultimate People? Setelah mengetahui perbedaan motor matic dan manual untuk touring? Kira-kira touring kemana nih jadinya weekend ini? Motor matic ataupun manual buat touring nanti, jangan lupa Ultimate People harus selalu taati rambu lalu lintas ya, dan selalu gunakan helm jika sedang berkendara. God speed!

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read