Friday, February 3, 2023
HomeLifestyleAnak Mobil7 Cara Ikut Lelang Mobil Agar Terjual Cepat & Untung

7 Cara Ikut Lelang Mobil Agar Terjual Cepat & Untung

-

Jakarta, OOTB – Menjual mobil bekas terkadang memang membutuhkan kesabaran, terlebih jika harga yang ditawarkan berada di atas harga pasar. Saking sulitnya menjual mobil bekas, tidak jarang seseorang meminta bantuan pihak ketiga lelang mobil seperti di  Auksi. Namun, ada tips dan trik tersendiri untuk menjual mobil bekas dengan cepat dan tentunya tetap menguntungkan.

Permasalahan yang kerap menjadi momok menakutkan bagi penjual mobil bekas adalah depresiasi atau penurunan harga mobil itu sendiri. Hal tersebut tentunya tidak bisa dihindari karena mobil merupakan harta bergerak yang nilainya kemungkinan besar akan turun seiring dengan waktu pemakaian. Nah bagaimana untuk menjual mobil bekas dengan cepat dan menguntungkan? Simak penjelasannya berikut ini.

Tunjukkan Bukti Perawatan Rutin

Hal pertama sekaligus yang paling menjadi pertimbangan bagi calon pembeli mobil bekas adalah mobil memiliki riwayat servis dan perawatan yang baik. Sebab, tidak ada calon pembeli yang ingin membeli mobil yang tidak berkualitas. Kamu bisa tunjukan perawatan mesin yang sudah pernah dilakukan seperti tune up dan sejenisnya. Selain itu perlihatkan juga buku service yang menyatakan kamu melakukan mobil secara rutin khususnya service per kilometer.

Baca juga: Titip lelang kendaraan mudah dan cepat minggu ini hanya di Auksi

Perhatikan Kondisi Interior dan Eksterior

Sebelum menjual mobil ada baiknya kamu memastikan interior dan eksterior mobil dalam keadaan baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan vakum pada jok mobil untuk benar-benar membersihkan debu dan kotoran.

Sementara terkait interior, kamu bisa mencuci mobil terlebih dahulu dengan cara yang benar, misalnya menggunakan sabun khusus mobil dan menghindari mencuci di bawah terik matahari karena bisa merusak warna cat. Warna mobil itu sendiri bisa sangat mempengaruhi harga jual. Kamu tidak mau bukan harga mobil menjadi turun hanya karena catnya memudar?

Pastikan AC Berfungsi dengan Baik

AC juga menjadi komponen yang sangat diperhitungkan oleh calon pembeli. Biasanya pembeli akan menghindari membeli mobil bekas dengan kondisi AC yang rusak seperti berbau, tidak dingin, hingga bocor. Jadi, sebelum mulai memasarkan mobil sebaiknya pastikan kondisi AC mobil kamu dalam kondisi prima. Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada sejumlah bagian seperti evaporator dan kondensor AC. Jika kondisinya kotor, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu.

Pastikan Head Unit Befungsi Sempurna

Di era digita seperti sekarang ini, head unit punya peran penting untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu, kamu juga harus memastikan semua fungsi head unit seperti bluetooth, multimedia, navigasi mobil berjalan baik. Jika ada masalah pada head unit tentunya akan mempengaruhi harga jual mobil bekas, mengingat harga beli baru atau servis head unit yang juga tergolong mahal.  Jadi, jika mobil yang hendak kamu juga mengalami kendala pada head unit, maka sebaiknya lakukan perbaikan atau penggantian terlebih dahulu.

Hindari Modifikasi Mobil

Calon pembeli mobil bekas biasanya cenderung menghindari membeli mobil yang sudah dimodifikasi. Usahakan sebelum menjual mobil kamu memastikan seluruh spare parts mobil sesuai dengan model pada saat kamu membelinya. Alasannya pembeli menghindari mobil modifikasi adalah karena kekhawatiran akan timbul masalah ke depannya seperti terjadi korsleting listrik hingga kendala pada mesin.

Maka, jika kamu memang berencana menjual mobil di kemudian hari, sebaiknya tidak melakukan modifikasi sejak awal, apalagi jika modifikasinya termasuk ekstrim seperti merubah bentuk atau mengganti mesin.

Baca juga: 6 Ciri Mobil Harus Turun Mesin dan Estimasi Biaya yang Dikeluarkan

Periksa Power Steering

Pastikan juga kamu telah melakukan pemeriksaan pada bagian stir mobil. Sebab, biasanya tanpa disadari stir mobil lebih berat dibanding kondisi normalnya. Hal ini menandakan adanya komponen pada mobil yang rusak. Namun, stir mobil yang berat juga bisa disebabkan karena ban yang kempes.

Jika ternyata ban dalam kondisi normal, maka kemungkinan masalahnya berada pada kurangnya cairan power steering hingga kerusakan pada komponen steering belt dan rack steer. Cara perbaikannya adalah dengan melakukan spooring. Perawatan tersebut bukan hanya baik untuk mengembalikan kondisi stir tapi juga untuk menjaga keseimbangan mobil.

Kelengkapan Dokumen untuk Lelang Mobil

Kelengkapan dokumen merupakan salah satu faktor paling penting dalam menjual mobil bekas. Pasalnya dokumen menjadi salah satu cara pembeli terhindari dari upaya penipuan. Untuk itu, sebelum menjual mobil kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan sejumlah dokumen BPKB, STNK mobil, faktur, fotokopi KTP dan kwitansi kosong. Jika mobil masih dalam kredit, kamu bisa mengajukan over kredit mobil. Namun, hal ini biasanya terjadi jika kamu ingin melakukan tukar tambah mobil.


Lelang mobil kini telah menjadi tren bagi pecinta otomotif untuk mendapatkan kendaraan dengan harga murah. Lelang mobil murah di Jakarta sekarang dapat dengan mudah kamu temui. Bahkan, kamu tidak perlu repot-repot datang langsung ke lokasi, karena juga disediakan lelang mobil online. Jenis lelangan mobil yang ditawarkan juga bervariasi, kamu bisa menemukan lelang mobil perusahaan maupun pribadi. Sementara untuk merek, daftar lelang mobil bekas 2023 juga sangat beragam. Kamu bisa menemukan lelang mobil Avanza atau Innova dengan harga yang murah dan kondisi yang masih prima.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...