Wednesday, February 1, 2023
HomeLifestyleAnak MobilBagaimana Cara Bikin Plat Nomor Putih

Bagaimana Cara Bikin Plat Nomor Putih

-

Jakarta, OOTB – Plat nomor putih telah resmi digunakan sejak tahun lalu. Namun sampai saat ini masih banyak pengguna kendaraan bermotor yang masih bingung dengan penerapan plat nomor putih, termasuk bagaimana cara mendapatkannya.

Penggunaannya sendiri telah diatur oleh Korlantas Polri dalam Perpol Nomor 7 Tahun 2021. Perubahan warna plat nomor ini salah satunya dilakukan untuk mendukung penerapan tilang elektronik. Dalam plat nomor putih tersebut, terdapat  Automatic Number-Plate Recognition (ANPR) yang dapat dengan disorot kamera tilang elektronik.

Selain itu, di dalam plat nomor putih juga ditanamkan chip bernama  Radio Frequency Identification (RFID) yang memuat informasi mengenai data kendaraan, bukti pelanggaran, hingga pembayaran e-tol maupun parkir elektronik.

Baca juga: Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Rusak Terendam Banjir

Syarat Penggantian Plat Nomor Putih

Meski sudah menjadi aturan resmi, namun pihak kepolisian mengatakan masyarakat tidak perlu terburu-buru melakukan penggantian plat nomor. Pemilik kendaraan yang belum waktunya melakukan penggantian plat tidak perlu ganti plat nomor putih.

Namun jika sudah waktunya penggantian plat nomor, maka pemilik kendaraan dapat memproses plat nomor putih di Samsat wilayah setempat. Sebelum mengajukan penggantian plat nomor baru, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya:

  1. Membawa STNK asli
  2. Membawa E-KTP asli
  3. Membawa Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) atau Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) terakhir
  4. Membawa BPKB asli khusus wilayah Polda Metro Jaya Bekasi dan Depok, pembayaran pajak lima tahunan atau ganti plat nomor
  5. Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai Domisili
  6. Membawa bukti hasil cek fisik kendaraan

Pembayaran Pajak

Setelah melengkapi persayaratan, langkah berikutnya untuk mendapatkan plat nomor putih adalah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Proses yang harus ditempuh pada dasarnya sama dengan pengurusan plat nomor biasa, yakni:

  1. Pengecekan Fisik Kendaraan (Khusus Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor)
  2. Pengecekan kepemilikan Kendaraan Bermotor di Loket Progresif
  3. Penyerahan kelengkapan persyaratan di Loket Pendaftaran.

Jika sudah melewati seluruh tahapan-tahapan di atas, nantinya petugas akan menetapkan besaran Pajak dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Kemudian akan ditetapkan juga besaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) STNK dan TNKB dengan mencetak Nota Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (NPPKB).

Baca juga: Cek asuransi mobil terbaik di MPM Insurance

Biaya Penggantian Plat Nomor Putih

Pada dasarnya penggantian biaya yang harus dikeluarkan pemilik kendaraan untuk penggantian platnya sama dengan biaya pencetakan TNKB biasa tanpa ada biaya tambahan.
Untuk kendaraan roda dua, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperpanjang STNK adalah Rp100 ribu. Sementara untuk pencetakan TNKB dikenakan biaya Rp60 ribu. Sehingga total keseluruhan biaya yakni Rp160 ribu.

Bagi pemilik kendaraan roda empat, biaya perpanjangan STNK sebesar Rp200 ribu dan pencetakan TNKB sebesar Rp100 ribu. Jadi, total yang harus dibayarkan adalah Rp300 ribu.

Selain biaya-biaya di atas, pemilik kendaraan juga harus membayar biaya asuransi kendaraan. Jumlah yang harus dibayarkan tergantung dari jenis kendaraannya, umumnya berkisar antara Rp23 ribu hingga Rp35 ribu.


Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari pentingnya asuransi kendaraan. Sebagai informasi, pengertian asuransi kendaraan adalah upaya melindungi dari kejadian-kejadian tak terduga. Asuransi kendaraan terbaik di Indonesia dapat dilihat dari perluasan proteksi yang ditawarkan hingga kemudahan klaim.

Selain kendaraan, aset lain yang juga penting kita lindungi adalah properti. Sama dengan kendaraan, asuransi properti atau juga termasuk asuransi harta benda merupakan upaya melindungi kepemilikan pribadi dari risiko yang berada di luar kendali kita, misalnya kebakaran, bencana alam, atau kerusuhan. Sementara bagi kamu yang hobi jalan-jalan wajib memiliki asuransi perjalanan. Pengertian asuransi perjalanan yakni salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan saat kita melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Onward, Petualangan Fantasi Dua ELF Mencari Sihir

0
Jakarta, OOTB - Berbicara mengenai film animasi pasti yang pertama kali teringat dalam ingatan kita adalah film animasi Walt Disney terlebih lagi yang diproduksi...