Monday, January 30, 2023
HomeLifestyleKaleidoskop 2022: Dari Rebutan Minyak, Alif Cepmek, Sampe Piala Dunia Argentina

Kaleidoskop 2022: Dari Rebutan Minyak, Alif Cepmek, Sampe Piala Dunia Argentina

-

Jakarta, OOTB – Apa saja yang terjadi di sepanjang 2022? Tahun ini memang banyak naik turunnya. Baik dari Covid yang selalu saja mutasi, langkanya minyak goreng sampai menjadi rebutan, figur-figur yang menjadi tokoh seperti Bunda Corla dan Piala Dunia di akhir tahun ini.

Yuk, simak! Berikut berbagai event momentum di 2022 ini,

Argentina Juara Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar berakhir dengan Argentina yang sukses keluar sebagai juara usai menaklukan Prancis lewat drama adu penalti dalam laga final yang digelar di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12).

Perjalanan tim asuhan Lionel Scaloni mencapai babak final bisa dibilang tidak mudah. Mereka sempat kalah dari Arab Saudi dengan 2-1 serta harus tertahan hingga babak penalti saat melawan Belanda di babak perempat final. Ini merupakan kali ketiga Tim Tango menjadi juara dunia setelah pada 1978 mengangkat piala di rumah sendiri dan pada tahun

Pencapaian ini sekaligus melengkapi prestasi gemilang timnas Argentina dalam kurun satu setengah tahun terakhir. Sebelum menjuarai Piala Dunia, timnas Argentina terlebih dahulu menjuarai  Copa America dan Finalissima.

Pesta Argentina di Piala Dunia 2022 semakin lengkap dengan keberhasilan sejumlah pemain menerima penghargaan, di antaranya sang kapten Lionel Messi didapuk menjadi Pemain Terbaik, Enzo Fernandez sebagai Pemain Muda Terbaik, dan Emiliano Martinez sebagai Kiper Terbaik.

Krisis Minyak Goreng

Februari juga menjadi bulan di mana banyak masyarakat Indonesia merasakan krisis minyak goreng. Kondisi ini tentu mengherankan, mengingat Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu penghasil minyak goreng. Kelangkaan ini disebabkan karena harga kenaikan harga minyak goreng dunia dan arus logistik yang terdampak perang Rusia-Ukraina.

Kondisi ini berlangsung selama beberapa bulan, puncaknya pada Maret hingga Juni di mana stok minyak goreng di supermarket menjadi mahal dan sangat terbatas. Akibatnya, antrean dan rebutan pun tak terhindarkan. Mengatasi krisis ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan menurunkan harga minyak goreng. Salah satunya lewat peluncuran Minyakita yang dibanderol Rp13.000 per liter.

Citayam Fashion Week

Fenomena yang viral berikutnya adalah Citayam Fashion Week. Fenomena ini muncul lantaran sejumlah remaja asal Citayam kerap berkumpul di kawasan Dukuh Atas, Sudirman. Sejumlah selebriti TikTok pun muncul berkat fenomena ini, seperti Bonge, Jeje, hingga Kurma.

Tak hanya itu, sejumlah publik figur hingga pejabat juga ikut ambil bagian berjalan di Citayam Fashion Week, sebut saja Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. Namun, sempat terdapat kisruh lantaran Baim Wong  berupaya mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas Citayam Fashion Week.

Baca juga: Cek asuransi mobil terbaik di MPM Insurance

alif cepmekAlif Cepmek

Sosok Alif Cepmek atau Dilan KW mendadak viral di tahun 2022. Popularitasnya melejit platform TikTok  berkat  jargonnya yang ikonik seperti ‘Kamu Nanyeaa?’ dan ‘Kamu Bertanya Tanyeaa?’. TikTokers yang memiliki lebih dari 2 juta pengikut ini juga identik dengan rambut cepmeknya.

“Biar aku kasih tahu ya, rambut model aku itu model cepmek ya. Kalian tahu model cepmek itu apa? Cepak mekar ya. Buat kamu yang mau potong rambut bilang saja model cepmek ya,” kata Alif menjelaskan arti rambut model cepmeknya itu.

Setelah viral di media sosial, terungkap bahwa Alif tinggal di sebuah gang sempit padat penduduk. Hal tersebut terungkap saat salah seorang temannya merekam Alif yang tengah melakukan live TikTok. Kondisi tersebut membuat netizen kagum dengan usaha Alif membantu perekonomian keluarga. Alif pun perlahan mulai mendapat tawaran endorsement. Bahkan Alif mengaku untuk sekali endorse ia bisa mengantongi pendapatan hingga Rp20 juta.

Naik Turun Kasus Covid-19 hingga Rencana Pencabutan PPKM

Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia sepanjang 2022. Bahkan pada 16 Februari 2022, pemerintah mencatatkan penambahan kasus tertinggi yakni 64.718 dalam sehari. Angka itu melampaui penambahan tertinggi harian sebelumnya saat varian Delta merebak yakni 56.757 kasus dalam sehari.

Salah satu yang menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia melonjak adalah munculnya varian-varian baru seperti subvarian Omicron BA.2. Meski begitu, pemerintah meminta masyarakat tidak perlu panik terkait dengan kemunculan varian baru Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk  mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan mengebut pelaksanaan vaksinasi. Indonesia sendiri menargetkan 208,2 juta penduduk menerima vaksin Covid-19. Selain itu Presiden Joko Widodo juga mengungkap target vaksinasi untuk 26,5 juta anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi yang terus digencarkan itu tak lain untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Terbaru, Jokowi membeberkan rencana pencabutan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun ini. Langkah ini mengingat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah semakin terkendali.

“Jadi mungkin nanti di akhir tahun kita akan menyatakan mencabut PPKM,” ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (21/12).

ghozali nft

NFT Ghozali

Awal tahun 2022, masyarakat Indonesia dibuat kaget dengan Ghozali Everyday yang menjual foto selfie-nya dalam bentuk non-fungible token (NFT) di situs OpenSea. Kumpulan selfie Ghozali itu diambil sejak ia lulus SMK pada 2017. Jumlah fotonya pun mencapai 932 lembar dan baru ia unggah pada Desember 2021. Berkat penjualan aset NFT-nya itu, Ghozali pun meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar.

Meski begitu, pemuda asal Semarang ini menuturkan niat awal dirinya mengunggah ratusan selfie di situs OpenSea bukan untuk tujuan komersil. “Awalnya saya hanya bergurau dengan teman tentang foto wajah yang saya upload di situs NFT,” kata Ghozali dalam sebuah wawancara.

Invasi Rusia ke Ukraina

Memasuki bulan Februari 2022, peristiwa paling ramai dibahas di media sosial adalah invasi Rusia terhadap Ukraina. Invasi tersebut dimulai tepatnya pada 24 Februari 2022 pagi hari pukul 05.00 EET setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan “operasi militer khusus” untuk “demiliterisasi dan denazifikasi” Ukraina.

Konflik bersenjata ini memaksa sekitar 7 juta penduduk Ukraina pergi dari negaranya. Tak hanya itu sejumlah negara-negara lain yang secara wilayah tidak terdampak pun terkena imbas dari perang ini, misalnya seperti harga pangan dan bahan bakar yang meningkat hingga kemungkinan terjadinya kerusuhan di negara miskin.

MotoGP Mandalika dan Pawang Hujan

Gelaran MotoGP di Mandalika bukan hanya menjadi sorotan nasional, tapi juga menjadi perbincangan masyarakat internasional. Salah satu yang paling membuat heboh adalah kehadiran pawang hujan bernama Rara di area sirkuit Mandalika saat balapan tertunda akibat hujan deras.

Di tengah hujan deras, Rara tampak melakukan ritual untuk berusaha menghentikan hujan di Mandalika. Ia terlihat mengenakan helm proyek dan tidak memakai alas kaki. Aksi Rara itu pun viral di media sosial. Sejumlah penonton asing yang tidak akrab dengan budaya Indonesia bertanya-tanya apa yang dilakukan Rara. Bahkan, akun resmi MotoGP pun ikut mengunggah video Rara saat sedang menjalankan ritualnya.

Baca juga: Before, Now & Then Raih Penghargaan Film Terbaik di Asia Pacific Screen Awards 2022

Formula E Jakarta

Bukan hanya MotoGP dan WSBK yang digelar di Mandalika, 2022 juga menjadi tahun pertama penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Ajang balap mobil listrik itu digelar di Sirkuit Ancol pada Sabtu (4/6). Semula, Pemprov DKI berencana menggelar FOrmula E di Monas, Jakarta Pusat. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya sirkuit bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dibangun di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Meski banyak menuai pro dan kontra, rangkaian Formula E di Jakarta berjalan sukses. Penonton pun tampak antusias. Terlihat dari ludes terjualnya tiket di sejumlah kategori. Sementara balapannya sendiri berlangsung sengit. Tiga pembalap yakni Mitch Evans, Jean-Eric Vergne (DS Techeetah), dan Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing) bersaing hingga detik-detik akhir.

Mitch Evans akhirnya keluar sebagai juara setelah sukses menghalangi laju dua pembalap lainnya. Kemenangan itu sekaligus menjadi kali ketiga  Mitch Evans menjadi jawara di ajang Formula E 2021-2022. Saat naik podium, Mitch Evans menerima trofi pemenang balapan Formula E langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Timnas Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023 usai menundukan Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium dengan skor meyakinkan, 7-0. Kemenangan ini membuat Indonesia finis di sebagai runner up Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 dengan total raihan 6 poin dan berhak atas satu tiket ke Piala Asia.

Dalam laga yang digelar Rabu (15/6) itu, Witan Sulaeman menjadi sorotan berkat sumbangan dua golnya. Kemudian lima gol lain dicetak dari lima pemain yang berbeda yakni  Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, serta Marselino Ferdinan.

Ini merupakan kali pertama Indonesia kembali lolos ke Piala Asia setelah absen selama 15 tahun. Indonesia terakhir kali tampil di ajang Piala Asia pada 2007 silam, yakni saat didapuk sebagai salah satu tuan rumah.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) pun ikut menyambut baik lolosnya Indonesia ke Piala Asia. Lewat akun Twitter resminya FIFA memberikan ucapan khusus kepada Indonesia yang juga merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Ucapan spesial untuk tuan rumah #U20WC 2023 Indonesia @PSSI lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007,” cuit akun Twitter resmi FIFA.

Duka di Sungai Aare Swiss

Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau yang akrab disapa Eril dikabarkan menghilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Diketahui, Eril terseret arus saat tengah berenang bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan temannya.

Selama dua pekan lebih otoritas setempat melakukan pencarian, hingga akhirnya jenazah Eril ditemukan oleh seorang guru SD di Bern bernama Gerladine Beldi pada Kamis sekitar pukul 06.50 waktu setempat. Ridwan Kamil yang telah berada di Indonesia kemudian langsung menuju Swiss untuk membawa jenazah Eril.

Eril dimakamkan pada Senin (13/6) di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasi tersebut pemakamannya terletak di Desa Pasirhuni, Cimaung. Ridwan Kamil menjelaskan lokasi itu dipilih karena merupakan tanah keluarga. Selain itu, daerah tersebut juga merupakan kampung  kampung halaman dari bunda Eril, Atalia.

Saat pemberangkatan jenazah dari Gedung Pakuan, ribuan masyarakat juga ikut melepas kepergian Eril. Mereka berdiri di tepi sepanjang jalan yang dilalui iring-iringan kendaraan yang membawa jenazah Eril. Setibanya di kompleks pemakaman di Cimaung, ribuan warga pun juga telah memadati area tersebut.

Kasus Ferdy Sambo

Kasus yang menyeret mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo bisa dibilang merupakan kasus yang paling kontroversial dan paling banyak diperbincangkan selama 2022. Kasus ini bermula pada 8 Juli, ketika muncul narasi baku tembak sesama anggota Polri di rumah dinas Ferdy Sambo yang menyebabkan tewasnya Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Namun, fakta kasus tersebut mulai terungkap setelah terdakwa Bharada E mengajukan menjadi justice collaborator. Faktanya tidak ada baku tembak yang terjadi, melainkan Ferdy Sambo menyuruh Bharada E untuk menembak Bharada E. Kasus ini juga melibatkan sejumlah petinggi kepolisian, terutama dalam hal perintangan penyidikan, salah satunya lewat perusakan CCTV di rumah dinas Ferdy Sambo.

Akibat kasus ini, Ferdy Sambo yang merupakan otak pembunuhan Brigadir Yosua pun dipecat dari Polri setelah menjalani kode etik. Sejumlah perwira polisi juga berakhir dengan pemberhentian secara tidak hormat (PTDH) gegara terlibat dalam kasus tersebut.

Serangan Bjorka

Publik juga sempat dibuat geger dengan ulah hacker bernama Bjorka yang membocorkan data pribadi dari berbagai sumber. Serangan tersebut pun membuat pemerintah kalang kabut hingga membentuk Satuan Tugas Perlindungan Data untuk mencegahnya.

Bjorka sempat membocorkan 1,3 miliar data registrasi SIM Card yang berisi nomor induk kependudukan (NIK) hingga tanggal pendaftaran yang disebut berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Aksinya kemudian berlanjut dengan meretas 150 juta data penduduk yang teregistrasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meski begitu, KPU memastikan data mereka tetap aman. Bjorka lalu juga sempat menjual dokumen Kepresidenan Republik Indonesia di forum Breached.

Tak sampai di situ, Bjorka juga menyebarkan data pribadi sejumlah pejabat seperti Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate turut menjadi korban dan juga Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tragedi Kanjuruhan

1 Oktober 2022 menjadi hari yang kelam bagi dunia sepak bola Indonesia. Sebuah insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang Jawa Timur mencoreng nama sepak bola Indonesia, bahkan hingga menjadi sorotan dunia. Insiden tersebut menyusul kekalahan tim tuan rumah Arema FC dari rivalnya Persebaya Surabaya.

Insiden ini berawal dari pendukung Arema yang memaksa memasuki lapangan, menyusul kekalahan tim tuan rumah dari rivalnya Persebaya Surabaya. Polisi yang mencoba mengontrol massa pun mulai menembakkan gas air mata ke sejumlah arah, tak terkecuali ke arah tribun. Akibatnya, ribuan massa panik dan korban jiwa mulai berjatuhan lataran akses pintu keluar yang kebanyakan ditutup.

Tragedi ini menelan korban sebanyak 712 orang, dengan rincian 132 orang meninggal dunia, 96 orang luka berat, dan 484 orang luka ringan/sedang.

KTT G20

Indonesia sukses menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua. Forum yang menghadirkan pemimpin-pemimpin negara ekonomi dunia tersebut berjalan lancar dan sukses melahirkan G-20 Leaders Bali Declaration yang menyoroti tantangan ekonomi global yang tengah terjadi saat ini. Deklarasi ini salah satunya berisis tuntutan terhadap Rusia untuk segera menghentikan invasi terhadap Ukraina.

“Perang telah menyengsarakan rakyat dan memperparah ekonomi global yang masih rapuh akibat pandemi yang berisiko terhadap krisis pangan, energi, dan potensi krisis keuangan,” kata Jokowi.

Selain itu, KTT G-20 di Bali juga menghasilkan terbentuknya Pandemic Fund yang digunakan untuk pencegahan dan persiapan menghadapi pandemi di masa yang akan datang. Adapun dana yang terkumpul mencapai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23 triliun.


Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari pentingnya asuransi kendaraan. Sebagai informasi, pengertian asuransi kendaraan adalah upaya melindungi dari kejadian-kejadian tak terduga. Asuransi kendaraan terbaik di Indonesia dapat dilihat dari perluasan proteksi yang ditawarkan hingga kemudahan klaim.

Selain kendaraan, aset lain yang juga penting kita lindungi adalah properti. Sama dengan kendaraan, asuransi properti atau juga termasuk asuransi harta benda merupakan upaya melindungi kepemilikan pribadi dari risiko yang berada di luar kendali kita, misalnya kebakaran, bencana alam, atau kerusuhan. Sementara bagi kamu yang hobi jalan-jalan wajib memiliki asuransi perjalanan. Pengertian asuransi perjalanan yakni salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan saat kita melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read