Friday, February 3, 2023
HomeLifestyleAnak MobilMusim Hujan: 4 Tips Cegah Jamur & Karat di Mobil

Musim Hujan: 4 Tips Cegah Jamur & Karat di Mobil

-

Jakarta, OOTB – Memasuki musim hujan, kita tentunya harus lebih ekstra dalam merawat eksterior mobil. Meski terlihat sepele, air hujan yang menempel pada bodi bisa mengakibatkan masalah serius. Pasalnya, air hujan yang mengandung asam dapat merusak lapisan cat mobil, dan jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan jamur hingga karat di bodi mobil. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mencegah jamur dan karat di bodi mobil dengan tips berikut ini.

Pilih lokasi parkir mobil

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih lokasi parkir. Usahakan kamu memilih lokasi parkir yang memiliki atap. Tentunya hal ini akan menghindari bodi mobil dari paparan langsung hujan dan sinar matahari.

Segera Cuci Mobil

Setelah berkendara menembus hujan, jangan membiarkan air di bodi mobil menempel terlalu lama. Usahakan segera cuci mobil atau semprot dengan air bersih agar tidak meninggalkan jamur. Selain itu, cuci juga bagian kolong mobil. Sebab, bagian tersebut kemungkinan besar juga terkena cipratan genangan hujan, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan karat.

Baca juga: Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof pada Mobil

Waspada getah dan serangga

Jika kamu habis melakukan perjalanan jauh atau ke luar kota, coba lihat secara detail seluruh bagian bodi mobil. Jika ditemukan bekas benturan dengan serangga atau getah pohon yang menempel di bodi mobil, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama dan langsung cuci mobil dengan sampo yang tidak merusak cat.

Goresan pada cat mobil

Hal yang harus dihindari juga untuk mencegah karat di mobil adalah memastikan tidak ada cat pada bodi mobil yang terkelupas. Cat yang terkelupas dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa karena kecelakaan atau meman usia mobil yang sudah tua. Pasalnya, cat mobil yang dibiarkan terkelupas dapat menyebabkan karat pada bodi mobil.

Cara Menghilangkan Jamur pada Bodi Mobil

Setelah mengetahui cara mencegah munculnya jamur dan karat pada mobil, sekarang penting juga untuk kamu memahami cara menghilangkan jamur pada bodi mobil dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Berikut adalah 3 cara yang bisa dipraktikan.

Menggunakan Alkohol

Alkohol dapat digunakan untuk membersihkan jamur. Kamu bisa memakai cairan alkohol dengan kandungan 50 hingga 90 persen. Langkah-langkahnya cukup tuangkan cairan alkohol pada kain halus dan gosok kain tersebut secara lembut pada bagian bodi mobil yang berjamur. Setelahnya, kamu bisa gunakan kain bersih dan kering untuk menyerap sisa-sisa alkohol pada bodi mobil.

Baca juga: Cek asuransi mobil terbaik di MPM Insurance

Menggunakan Pasta Gigi

Cara lain untuk menghilangkan jamur di bodi mobil adalah dengan menggunakan pasta gigi. Kamu cukup menyiapkan pasta gigi yang diaplikasikan pada kain bersih. Setelahnya, oleskan pasta gigi tersebut pada bagian bagian bodi mobil yang ditumbuhi jamu secara merata. Kemudian, diamkan beberapa saat hingga pasta gigi mengering. Terakhir bersihkan bekas pasta gigi tadi dengan air dan lap bodi mobil hingga kering.

Menggunakan Cuka Apel

Tidak banyak yang mengetahui bahwa cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan jamur yang muncul di bodi mobil. Caranya cukup campurkan 3 sendok makan cuka apel dengan 1 liter air, lalu celupkan kain. Setelahnya gosokkan kain tersebut pada bagian mobil yang berjamur hingga bersih. Setelah jamur hilang, jangan lupa membersihkan sisa-sisa cairan cuka apel yang menempel di bodi mobil dengan cara mengelapnya menggunakan kain bersih.


Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari pentingnya asuransi kendaraan. Sebagai informasi, pengertian asuransi kendaraan adalah upaya melindungi dari kejadian-kejadian tak terduga. Asuransi kendaraan terbaik di Indonesia dapat dilihat dari perluasan proteksi yang ditawarkan hingga kemudahan klaim.

Selain kendaraan, aset lain yang juga penting kita lindungi adalah properti. Sama dengan kendaraan, asuransi properti atau juga termasuk asuransi harta benda merupakan upaya melindungi kepemilikan pribadi dari risiko yang berada di luar kendali kita, misalnya kebakaran, bencana alam, atau kerusuhan. Sementara bagi kamu yang hobi jalan-jalan wajib memiliki asuransi perjalanan. Pengertian asuransi perjalanan yakni salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan saat kita melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...