Friday, February 3, 2023
HomeLifestyleMelongok Taman Lumut Cibodas yang Simpan Koleksi Ratusan Lumut

Melongok Taman Lumut Cibodas yang Simpan Koleksi Ratusan Lumut

-

Jakarta, OOTB – Dengan luas sekitar 135 hektare dan berada di ketinggian antara 1.300 – 1.425 meter di atas pemukaan laut, dengan temperatur rata-rata 18 derajat Celcius dan kelembaban 90 persen serta curah hujan per tahun 3.380 milimeter, Kebun Raya Cibodas, di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, bukan cuma sebagai kawasan rekreasi alam, tapi juga sebagai sebuah kawasan penting yang menyimpan aneka tanaman dan tumbuhan, baik yang khas asli Indonesia maupun yang dari luar Indonesia.

Sementara itu, dengan aneka flora koleksinya, Kebun Raya Cibodas juga menjadi habitat berbagai fauna yang membentuk sebuah ekosistem yang saling bergantung dan saling mendukung. Dengan demikian, keberadaan Kebun Raya Cibodas memiliki peran krusial dalam ikut mempertahankan kenekargaman hayati yang sangat penting artinya bagi kehidupan umat manusia.

Baca juga: Pacu Adrenalin Balap Bersama Yogya Gokart

Taman Tematik

Sejauh ini, terdapat sejumlah taman tematik di kawasan Kebun Raya Cibodas. Taman tematik ini merupakan sebuah taman yang mengoleksi secara khusus tumbuhan-tumbuhan tertentu dengan berbagai jenisnya.

Taman-taman tematik yang terdapat di Kebun Raya Cibodas sekarang ini antara lain adalah taman paku-pakuan, taman tanaman obat tradisional, taman liana, taman mawar, taman sakura, taman rhododendron, dan taman lumut.

Khusus mengenai taman sakura dan taman lumut, keduanya bisa dibilang merupakan taman yang sangat unik yang menambah daya pesona Kebun Raya Cibodas. Dengan luas sekitar 5.000 meter persegi, Taman Sakura Kebun Raya Cibodas sekarang ini memunyai koleksi ratusan pohon sakura.

Baca juga: M7 Tactical Shooting Avenue, Tempat Main Paling Anti Mainstream

Biasanya, tanaman sakura di Kebun Raya Cibodas berbunga antara bulan Januari-Februari dan antara bulan Agustus-September. Di negerinya sendiri, Jepang, sakura hanya berbunga satu kali dalam setahun, yaitu di bulan April, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru Jepang.

Adapun Taman Lumut Kebun Raya Cibodas, yang memiliki luas lahan sekitar 2.500 meter persegi, tercatat sejauh ini sebagai taman lumut satu-satunya yang terbesar dan memiliki koleksi lumut terbanyak di dunia. Saat ini Taman Lumut Kebun Raya Cibodas menampung lebih dari 200 jenis lumut.

Baca juga: Review, Cupola Coffee shop tempat nongkrong di Braga Bandung

Beberapa negara lain memang ada yang memiliki taman lumut, seperti Jepang dan India. Namun, areal taman lumut di kedua negara tersebut tidak seluas Taman Lumut Kebun Raya Cibodas. Di samping itu, koleksi lumutnya pun sangat minim. Taman Lumut Kokedera di Kyoto, Jepang, misalnya, hanya memiliki koleksi sebanyak 22 jenis lumut. Sementara Taman Lumut milik The National Botanical Research Institute di India baru memiliki koleksi 18 jenis lumut.

Ke depan, tentu saja, diharapkan taman-taman tematik lainnya bisa segera menyusul dibangun di Kebun Raya Cibodas ini. Dengan demikian, visi Kebun Raya Cibodas untuk menjadi salah satu kebun raya terbaik di dunia dalam bidang konservasi tumbuhan dan misinya untuk mengembangkan penelitian bidang konservasi ex-situ maupun in-situ dan pendayagunaan tumbuhan tropika, khususnya tumbuhan tropika dataran tinggi basah, bisa semakin terealisir dengan baik.

Di luar itu, diharapkan pula Kebun Raya Cibodas mampu menjadi arena rekreasi dan pendidikan yang makin menarik minat masyarakat luas sehingga pada gilirannya ikut memicu meningkatnya kesadaran, pengetahuan dan apresiasi masyarakat terhadap peran penting tumbuhan dan lingkungan bagi kehidupan umat manusia di muka bumi ini.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...