Friday, February 3, 2023
HomeNewsPura-pura Sakit Untuk Berbagai Hal? Kenali Apa Itu Malingering

Pura-pura Sakit Untuk Berbagai Hal? Kenali Apa Itu Malingering

-

Jakarta, OOTB – Aksi seperti pura-pura sakit bukan lagi sesuatu yang baru bagi banyak orang. Memalsukan atau melebih-lebihkan kondisi sakit seseorang biasanya dilakukan untuk melepaskan tanggung jawab atas pekerjaan atau hukum yang berlaku. Kondisi ini disebut dengan malingering.

Tindakan Malingering adalah tindakan dalam memalsukan kondisi kesehatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Pelaku biasanya pura-pura sakit sehingga dia tidak perlu melakukan tanggung jawabnya lagi.

Kamu mungkin pernah melakukan tindakan ini saat masih sekolah dulu, biasanya ini dilakukan untuk menghindari kelas atau kamu belum mengerjakan sesuatu agar terhindar dari guru yang sadis atau akan memberikan hukuman. Tidak jarang pun, beberapa orang akan memalsukan bahwa dia memiliki sebuah penyakit agar bisa mengkonsumsi obat tertentu. Kondisi atau tindakan dari pura-pura sakit ini termasuk dalam gangguan kesehatan mental yang disebut dengan malingering.

Baca juga: Bisa Beli Tapi Lebih Suka Mencuri. Kenali Apa Itu Kleptomania?

Malingering merupakan pemalsuan kondisi kesehatan untuk kepentingan diri sendiri. Biasanya yang melakukan tindakan ini akan mengatakan bahwa dia sedang tidak sehat atau membesar-besarkan penyakitnya meskipun sebenarnya tidak seperti itu kenyataannya.

Malingering merupakan hal yang disengaja ketika seseorang berpura-pura mengalami masalah fisik. Para peneliti pun menyebut hal ini sebagai penyimpangan, lantaran penyakit yang muncul ini merupakaan diagnosis psikiatri dan bukan medis.

Tindakan atau Kondisi malingering bisa dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak yang mengatakan bahwa mereka tidak enak badan agar tidak ikut upacara, pelajaran olahraga, atau tidak masuk sekolah sama sekali. Orang dewasa juga suka melakukannya saat mereka berpura-pura sakit agar tidak perlu masuk ke kantor atau menghadiri acara tertentu.

Baca juga: Apa itu Gender Netral atau Non-Biner Gender

Tidak jarang orang yang melakukan tindakan malingering membuat sesuatu yang sangat meyakinkan. Mereka menambahkan “pemanis” untuk aksinya bisa dipercaya oleh orang lain. Memuat wajah semakin pucat, menggunakan thermometer pada air hangat agar meningkatkan suhu pada thermometer tersebut, dan sebagainya.

Kondisi ini berbeda dengan munchausen. Memang sama-sama memiliki kecenderungan dalam berpura-pura sakit, tetapi dalam sindrom munchausen seseorang yang berpura-pura sakit bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Kalau malingering lebih kepada menghindari sesuatu yang mungkin mereka kurang suka.

Tetapi apabila kamu menemui ini terjadi pada lingkungan kamu, kamu jangan langsung menghardik ataupun melakukan konfrotasi kepada individu tersebut. Ada baiknya kamu meminta mereka untuk memeriksakan ke dokter terlebih dahulu.

spot_img
Toni Maliki
Toni Malikihttps://ootb.id
“I’m drawing with light, cooking with passion, mixing with motion, & I’m not a good lover” – Toni Maliki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...