Saturday, December 3, 2022
HomeReviewThe Grotesque Mansion, Apartemen Lusuh Penuh Misteri

The Grotesque Mansion, Apartemen Lusuh Penuh Misteri

-

Jakarta, OOTB – Baru-baru ini The Grotesque Mansion menjadi salah satu film horor korea yang ramai diperbincangkan di media sosial. Film yang dirilis pada 15 Juli 2021 ini, menceritakan tentang seorang webtoonist yang sedang mencari beberapa kejadian dan cerita mistis untuk bahan komiknya. Ghost Mansion atau The Grotesque Mansion digarap oleh sutradara Jo Ba Reun mampu menarik rasa penasaran penonton akan kengerian yang terjadi di salah satu apartemen di Korea yang bernama Gwanglim Mansion.

Film yang berdurasi 106 menit ini diperankan oleh Sung Joon sebagai Jung Ji Woo, seorang penulis komik horor, lalu Kim Hong Pa sebagai pengurus mansion, Kim Bo Ra, Kim Jae Hwa, Park So Jin, dan Seo Hyun Woo.

The Grotesque Mansion dibuka dengan kedatangan Ji Woo ke Gwanglim mansion. Sebuah apartemen lama yang sudah lusuh dan tidak begitu terawat.  Dengan berbekal tekad untuk mendapatkan beberapa ide cerita horor untuk penulisan komiknya, ia bertemu dengan penjaga apartemen tersebut, disinilah cerita dimulai.

Film ini dibagi kedalam beberapa cerita berdasarkan apa yang diceritakan oleh si penjaga. Cerita pertama dibuka dengan penghuni apartemen kamar 504, seorang penulis yang tidak menyukai anak-anak. Saat ia menempati kamar tersebut, ia mendapati gangguan-gangguan aneh mulai dari suara anak kecil yang bising, suara langkah kaki, dan gangguan lainnya. Saat ia mencari tau segala sumber gangguan tersebut, ia menghilang.

Cerita kedua datang dari penghuni apartemen 907. Seorang perempuan yang bekerja sebagai apoteker. Ia terlibat skandal percintaan dengan pria yang nyatanya sudah berkeluarga. Saat tengah malam, ia mendapati bahwa pria yang menjadi kekasihnya tersebut menjadi buronan polisi karena telah membunuh istrinya. Siapa sangka niat untuk menyelamatkan sang pelaku malah berakhir menjadi salah satu korbannya?

Baca juga: Berdurasi 1000 Tahun, Ini Lagu Terpanjang Pertama Kali Di Dunia

Cerita dari penghuni apartemen 708, ia merupakan seorang sales apartemen. Ia memiliki boneka berwujud perempuan yang selalu menemaninya ketika makan. Kamu akan diperlihatkan sosok boneka perempuan yang dapat menimbulkan perasaan aneh dan ngeri kali pertama kamu melihat boneka tersebut.

Gangguan Pun dimulai ketika setiap sang penghuni sedang makan malam bersama sang boneka di apartemennya, wastafel cuci piring miliknya mengeluarkan suara aneh seperti ada yang menyumbat pipa wastafel tersebut. Akhirnya, ia memanggil teknisi dan ternyata terdapat gumpalan rambut panjang yang menyangkut di dalam pipa wastafel tersebut. Bagaimana bisa ada gumpalan rambut panjang ketika satu-satunya orang yang menempati apartemen tersebut adalah seorang pria?

Selanjutnya, apartemen nomor 604, seorang mahasiswa yang baru saja menghabiskan studinya di luar negeri dan harus menginap di apartemen temannya yaitu apartemen 604. Sesampainya dia di mansion, ia terkejut dengan keadaan yang kotor dan tidak terawat. Dinding dan kusen pintu dipenuhi oleh jamur, bahkan temannya tersebut memakan makanan yang sudah berjamur. Agar dapat merasa nyaman, ia mencoba membersihkannya. Namun, semakin ia mencoba membersihkannya, semakin ia merasa sangat ketakutan.

Baca juga: Channel YouTube Horor Indonesia, Horor Addict Wajib Tonton!

Menggunakan ide dari pengalaman horor yang diceritakan sang penjaga di mansion, komik Ji Woo disukai oleh penerbit. Ia pun kembali ke mansion untuk menggali lebih banyak cerita horor.

Cerita terakhir dari film ini adalah cerita dari apartemen nomor 1504. Sang penjaga memberikan kunci apartemen tersebut agar Ji Woo dapat melihat secara langsung ruangan yang dulunya adalah sebuah tempat persembahan. Di ruangan itulah, ia kehilangan dirinya sendiri.

Storyline yang berbeda di tiap apartemen tentunya menjadi warna dalam film ini. Jo Ba Reun mampu membungkus film ini dengan ketegangan meskipun dengan jump scare yang tidak begitu kuat. Color grading yang baik mampu menjaga ambience keseluruhan film. Sayangnya, cerita terakhir yang seharusnya menjadi cerita pamungkas dalam film sedikit terasa kurang dibandingkan dengan cerita-cerita sebelumnya. Overall, film The Grotesque Mansion dapat kamu nikmati buat kamu pecinta horor.

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Pura-pura Sakit Untuk Berbagai Hal? Kenali Apa Itu Malingering

0
Jakarta, OOTB - Aksi seperti pura-pura sakit bukan lagi sesuatu yang baru bagi banyak orang. Memalsukan atau melebih-lebihkan kondisi sakit seseorang biasanya dilakukan untuk...