Tuesday, December 6, 2022
HomeRecommendationMulai langka, kuliner khas Jakarta yang harus kamu cicipi!

Mulai langka, kuliner khas Jakarta yang harus kamu cicipi!

-

Jakarta, OOTB – Tak hanya terkenal sebagai kota metropolitan, Jakarta juga memiliki kuliner khas yang harus kamu cicipi. Tetapi, seiring dengan berkembangnya budaya, beberapa kuliner khas Jakarta pun mulai bergeser keberadaannya dan mulai sulit untuk ditemukan. Kira-kira apa aja ya kuliner khas Jakarta ini? Yuk, kita intip kuliner khas Jakarta yang harus kamu cicipi!

  1. Kue Kembang goyang

    kue kembang goyang
    source: ayousaha.co.id

    Sesuai dengan namanya, jajanan satu ini berbentuk seakan kembang yang sedang bergoyang. Kue satu ini memiliki tekstur renyah dan garing. Kue yang berbahan tepung ketan ataupun tepung beras Jajanan satu ini biasanya disajikan sebagai kue rumahan yang biasa disantap dengan teh maupun kopi baik di pagi hari maupun sore hari. Kue kembang goyang mulai langka dan sulit untuk ditemukan. Untuk mencicipi kue ini, kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional maupun toko oleh-oleh Jakarta ya.

  2. Semprong

    kue semprong
    Source: Sajian Sedap

    Semprong  merupakan salah satu kue khas betawi yang memiliki tekstur renyah dan memiliki beragam bentuk seperti menyerupai pipa, kerucut, persegi panjang, hingga segitiga. Kalau sekilas liat dari bentuknya, kue ini mirip dengan egg rolls wafer yang biasa dijual di toko-toko. Kue ini awalnya diperkenalkan Bangsa Portugis ke Indonesia. Selanjutnya kue ini di modifikasi dengan bahan dan rasa khas Indonesia.

  3. Bubur ase

    bubur ase
    Source : istimewa

    Siapa disini yang belum tau kalau Jakarta punya bubur khasnya lho, yap bubur ase namanya. Bubur Betawi ini terbilang unik, karena dibuat dengan mencampurkan tiga jenis makanan. Bubur nasi yang lembut diberi pelengkap berupa kuah semur yang terdiri dari potongan daging sapi dan kentang yang berwarna cokelat. Gak cuma itu aja, bubur ase juga ditambahkan dengan asinan sayuran khas Betawi. Wah, unik banget ya!

  4. Gabus Pucung

    gabus pucung
    Source: Kompas.com

    Beberapa dari kamu mungkin sudah gak asing lagi mendengar makanan satu ini. Tetapi, keberadaan gabus pucung mulai sulit ditemukan di warung makan. Gabus pucung merupakan ikan gabus yang digoreng dan disiram atau dimasak lagi dalam kuah pucung. Pucung merupakan istilah betawi yang berarti buah keluak atau kluwek. Karena itu, makanan satu ini memiliki warna kuah yang kehitaman. Gabus pucung nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat yang ditaburi bawang goreng.

  5. Pecak

    pecak
    Source: Pecak

    Pecak merupakan salah satu makanan khas betawi yang berbahan dasar ikan air tawar. Umunya, ikan air tawar yang paling banyak diolah adalah ikan gurame dan ikan lele. Pecak memiliki cita rasa asam, gurih dengan perpaduan bumbu-bumbu khasnya.

    Dari 5 menu kuliner diatas, yang mana nih yang sudah pernah kamu cicipi? Jangan lupa untuk mencicipi menu-menu dan kuliner lain khas Jakarta ya. Meskipun kebudayaan terus berjalan mengikuti jaman, yuk sama-sama lestarikan kuliner khas Jakarta yang menjadi salah satu jati diri Kota Jakarta.

Tasya
Tasya
Part time college student and full time fangirl who loves to write

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Pura-pura Sakit Untuk Berbagai Hal? Kenali Apa Itu Malingering

0
Jakarta, OOTB - Aksi seperti pura-pura sakit bukan lagi sesuatu yang baru bagi banyak orang. Memalsukan atau melebih-lebihkan kondisi sakit seseorang biasanya dilakukan untuk...