Friday, February 3, 2023
HomeLifestyleHindari Bau Mulut Yang Mencekam Pada Saat Puasa

Hindari Bau Mulut Yang Mencekam Pada Saat Puasa

-

Jakarta, OOTB – Memasuki bulan puasa yang selain menahan haus dan lapar, kamu juga dihadapi dengan masalah bau mulut atau pada istilah kedokteran bau mulut saat puasa bisa disebut dengan halitosis. Halitosis ini seringkali disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut.

Kebersihan mulut

Penyebab bau mulut saat puasa umumnya terjadi karena kebersihan mulut yang buruk. Plak yang menumpuk disertai kalkulus atau karang gigi yang menjadi sarang bakteri penyebab gigi berlubang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Faktor pendukung lainnya yaitu adanya jaringan infeksius seperti akar dan gusi berdarah akibat tumpukan plak di daerah gigi yang dekat dengan gusi. Kebersihan lidah juga harus menjadi perhatian karena pada lidah pun bisa menjadi penyebab bau mulut.

Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang memiliki bau menyengat seperti petai, jengkol, bawang putih merupakan makanan yang daapat mempengaruhi bau mulut. Bagi penderita refluks gastoesofageal (GERD), ini berkaitan dengan adanya refluks lambung yang naik ke atas dan menyebabkan rasa bau pada mulut terutama ketika intensitas asam lambung meningkat.

Baca juga: Solusi Ngopi Tanpa Harus Khawatir Gigi Bernoda

Penyakit sistemik

Pada penderita penyakit sistemik yang harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin dan terus menerus juga memiliki efek samping seperti mulut kering. Tentunya ini menjadi salah satu efek terjadinya bau mulut saat puasa. Contohnya seperti pasien diabetes atau kencing manis yang biasanya memiliki bau mulut yang khas.

Bagaimana Pencegahannya?

  1. Kamu wajib untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Perbanyak makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah
  4. Hindari cemilan yang mengandung banyak gula dan lemak, disarankan mengkonsumsi permen karet bebas gula atau xylitol
  5. Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkohol
  6. Kontrol rutin ke dokter internis bagi penderita sistemik dan konsultasikan ke dokter gigi mengenai solusi bau mulut kamu

Nah, itu tadi beberapa masalah pada mulut dan juga solusinya untuk kamu yang berpuasa agar tetap lancar dan berinteraksi dengan teman/partner pun tidak akan terasa akward karena bau mulut.

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...