Friday, February 3, 2023
HomeSudut MejaLet’s Talk About Corporate Marketing Strategy

Let’s Talk About Corporate Marketing Strategy

-

Jakarta, OOTB – Dunia automotif selalu disangkut pautkan dengan kehidupan pria. Tapi siapa sangka ternyata dibalik beberapa brand terkemuka, ada wanita yang turut campur dalam strateginya. Pada artikel “Sudut Meja” kali ini kita bakal ngobrol bareng dengan Nurfadilah selaku Senior Marketing Manager MPM Group.

Bergabung sejak 2017, wanita yang akrab disapa Dila ini, memang memiliki passion di dunia marketing ataupun advertising. Passion-nya ini terinspirasi oleh film Indonesia berjudul ‘Brownies’ yang diperankan oleh Marcella Zalianty pada tahun 2004. Memulai karirnya di dunia marketing pada perusahaan yang memiliki core pada bidang teknologi membuat Dila semakin yakin akan passion-nya ini.Marketing strategy

Selain fokus pada strategi marketing secara keseluruhan (360 marketing), Dila pun bertugas sebagai “special taskforce” untuk memaksimalkan transformasi digital pada grup usaha yang ditanganinya di MPM melalui asset marketing yang dimiliki perusahaan. Bagi Dila, masa sekarang ini sangat penting untuk melakukan inovasi dikarenakan demand konsumen sudah berubah dan konsumen membutuhkan sesuatu yang lebih mudah untuk dijangkau. Sebagai perusahaan penyedia layanan, kita harus bisa menjangkau market yang ingin bertransaksi dengan cara yang lebih mudah dan cepat dijangkau – yaitu dengan menyediakan layanan digital. Dalam transformasi digital, marketing berperan sangat penting untuk dapat mengetahui kebutuhan konsumen serta membidik micro moments perjalanan konsumen mulai dari proses discovery hingga consumption dengan tepat.

“Pada dunia otomotif khususnya sebelum pandemic, cara konvensional dalam transaksi masih banyak dilakukan, namun setelah pandemi karena semua dipaksa untuk berubah baik dari sisi konsumen maupun pelaku bisnis itu sendiri, maka mulai bermunculan lah ide-ide layanan digital baru guna memenuhi kebutuhan konsumen. Selain karena memang untuk menghindari penyebaran virus, transformasi digital akan bisa membantu perkembangan perusahaan dari segala sisi. Tugas tim marketing sekarang ini, bukan hanya melakukan strategi marketing 360, namun juga harus bisa memberikan nilai lebih yang bisa kita tawarkan ke user melalui strategi micro moment approach yang kita terapkan guna mengetahui lebih dalam kebutuhan mereka”, Ujarnya.

Bagi Dila, kunci dari transformasi digital dapat dilihat dari beberapa parameter, seperti:

  • People – Saat perusahaan didukung oleh sumber daya manusia/karyawan yang memiliki pola pikir digital, perusahaan akan terus bergerak maju karena mindset karyawan adalah mindset shifting dan capability building. Tentu saja perusahaan harus melakukan upskilling atau development pada staff perusahaan dimana hal ini akan sangat penting bagi keberhasilan bisnis suatu perusahaan.
  • Action – Kecepatan untuk memahami & menggapai potensi pasar serta bergerak cepat dalam inovasi.
  • Collaboration – Menggandeng mitra yang sesuai dan sejalan untuk meningkatkan kebutuhan konsumen.
  • Technology – Memanfaatkan teknologi untuk berfikir/berkerja dengan cara yang lebih efisien yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

Nah, seru kan bekerja sebagai Corporate Marketing Strategy? Stay tune terus di artikel ‘Sudut Meja’ karena akan ada profesi menarik lainnya yang akan kita bahas.

spot_img
Toni Maliki
Toni Malikihttps://ootb.id
“I’m drawing with light, cooking with passion, mixing with motion, & I’m not a good lover” – Toni Maliki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Daftar Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru 2022

0
Jakarta, OOTB - Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil dengan harga terjangkau dengan kapasitas 7 penumpang yang bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia. Apabila...